SMATRAGA VOICE
SMATRAGA Entrepreneurship Rally Games 2019
| |

Persekutuan Doa Menjelang Ujian

Pada hari Jumat, tanggal 1 Maret 2019, kami, siswa kelas XII SMA Kristen Petra 3, mengikuti persekutuan doa dalam rangka persiapan untuk menghadapi USBN yang akan dimulai pada tanggal 4 Maret 2019. Ibadah diawali dengan menyanyikan lagu "Roh-Mu yang Hidup", dilanjutkan dengan lagu berjudul "Aku Diberkati" dan "Allah Sumber Kuatku" yang kami nyanyikan bersama sambil bertepuk tangan.

PD1

Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Gideon yang mengutip ayat dari Mazmur 92:2-6. Dalam hidupnya, penulis dari ayat Mazmur ini mengatakan bahwa Tuhan adalah Tuhan yang selalu ada dalam kehidupan kita. Kasih setia-Nya tak berkesudahan, pekerjaan-Nya besar, dan rencana-Nya sangat dalam melampaui pikiran-pikiran kita. Lebih lanjut, Pdt. Gideon menjelaskan bahwa dalam menghadapi kehidupan tentu banyak hal yang tidak mudah. Tetapi penulis mengatakan bahwa Tuhan melebihi pergumulan-pergumulan kita. Pengharapan kita kepada Tuhan tidaklah sia-sia. Kasih setia Tuhan tak habis-habisnya pada pagi dan malam hari. Ia membuat kita bersorak-sorai. Kita tak perlu putus asa menghadapi situasi yang berat dan hal yang tidak jelas di depan kita. Kita perlu memahami bahwa rencana Tuhan dan kasih setia-Nya tak habis-habisnya. Hal ini menjadi hal penting bagi kita agar kita menghayati hidup kita sekalipun dalam situasi yang sulit, sehingga kita tetap bersandar pada penyertaan Tuhan.

PD2

Pekerjaan/rancangan Tuhan kadang melampaui pikiran kita. Oleh karena itu, jangan melepaskan pengharapan kita kepada Tuhan. Jangan andalkan kekuatan kita sendiri saat menghadapi pergumulan, namun tetap berharap kepada Tuhan. Penulis dalam pengalaman imannya mengatakan bahwa sehebat apa pun kita, tak akan tertandingi dengan kekuatan Tuhan. Semua sia-sia kalau kita hanya mengandalkan kekuatan kita. Jangan pernah menggeser posisi Tuhan dalam kehidupan kita. Saat kita dikaruniai kemampuan, jangan sombong dan jangan mengandalkan berkat-nya saja, tetapi andalkan sumber berkat, yaitu Tuhan Yesus. Sebaliknya, saat kita mengalami kelemahan, jangan putus asa. Jangan juga merasa minder bila kita merasa kurang mampu. Kita tidak boleh kehilangan harapan karena rancangan Tuhan melebihi pikiran kita. Ketekunan dalam keberserahan kepada Tuhan tidak akan sia-sia. Kerap kali kita tak mampu menyelami rencana Tuhan, karena Tuhan punya cara sendiri untuk menolong kita. Di tengah-tengah tantangan, ada peluang dengan cara mencari dan mengandalkan Tuhan. Di dalam Tuhan ada jaminan masa depan. Kuncinya: lewati kehidupan dengan tekun, serius, dan andalkan Tuhan sehingga tidak sia-sisa.

PD3

Firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Gideon dalam persekutuan doa pada hari ini, menjadi bekal bagi kami dalam menghadapi USBN dan UNBK untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap persiapan belajar yang kami lakukan, serta memiliki daya juang dalam menghadapi tantangan yang besar. "Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri." (Amsal 3:5). Selamat menempuh ujian…! Tuhan akan memberi kesuksesan.

 

oleh: Christine Angelica

 

boost the values reap the success