| |

Menggali Kebaikan dan Potensi Diri dengan Maksimal dari Rumah

Pada tanggal 13 Juli kami siswa-siswi kelas X Tahun Ajaran 2020-2021 mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan secara online melalui zoom meeting. Kegiatan MPLS tersebut dikemas dalam tema “Menggali Kebaikan dan Potensi Diri dengan Maksimal dari Rumah”.

MPLS-online-2021-A3-2.jpgMPLS-online-2021-A3-3.jpgMPLS-online-2021-A3-1.jpg

Dalam kegiatan MPLS tersebut kami diajak untuk mengenal lebih jauh tentang SMA Kristen Petra 3 serta beradaptasi dengan budaya belajar di sekolah tersebut. Kami diberikan penjelasan mulai dari kurikulum yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran, profil sekolah, tata tertib yang ada selama mengikuti kegiatan pembelajaran baik daring maupun luring. Setelah kami mengenal SMA Kristen Petra 3, kemudian kami diajak untuk mengenali keunikan dari SMA Kristen Petra 3 yaitu sekolah dengan muatan entrepreneurship. Muatan entrepreneurship di SMA Kristen Petra 3 diimplementasikan melalui kegiatan koperasi siswa dan excellent point, melalui dua kegiatan tersebut kami para siswa belajar untuk berwirausaha.

Setelah mengikuti kegiatan di atas, kami juga belajar tentang nilai-nilai yang perlu kami terapkan di dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika kami menggunakan media social. Nilai-nilai tersebut kami pelajari melalui Etika Perilaku dan Komunikasi. Dalam materi tersebut kami memperoleh gambaran tentang batasan-batasan dalam menggunakan media sosial dan elektronik sehingga tidak terjadi penyalahgunaan. Hal ini penting bagi kami generasi muda terutama remaja karena kami memiliki intensitas yang tinggi dalam memanfaatkan media sosial tersebut. Pemahaman di atas semakin dikuatkan dengan materi berikutnya yaitu bijak bersosmed.

Setelah kami menerima banyak paparan tentang sekolah dan kegiatan yang ada di dalamnya serta etika dalam berperilaku dan bergaul, kemudian pada hari ketiga pelaksanaan MPLS kami mendapatkan himbauan dari dr. Cynthia terkait menyikapi covid-19. Melalui materi tersebut kami diingatkan untuk semakin giat menerapkan protokol kesehatan dimanapun kami berada, dengan rajin menjaga kebersihan mulai dari mencuci tangan, mengenakan masker apabila berada di luar rumah, berolahraga, serta menjaga pola hidup sehat, sehngga kami terhindar dari dampak langsung covid-19.

Pada hari yang terakhir kami diajak untuk mendengarkan paparan dari POLRI terkait dengan kenakalan remaja serta narkoba. Diharapkan melalui materi ini kami dapat memiliki perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tidak melanggar hukum dan tatanan masyarakat. Selain itu kami juga diajak untuk menyadari dampak negatif dari penyalahgunaan narkotika. Melalui materi ini kami sadar bahwa narkotika dapat mengganggu proses tumbuh kembang kami baik secara fisik maupun psikis, oleh karena itu kami diharapkan dapat mengendalikan diri dengan baik sehingga tidak terjerumus ke dalam tindak penyalahgunaan narkotika.

Mengikuti kegiatan MPLS secara online merupakan pengalaman baru bagi kami. Bersyukur kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar selama empat hari. Dengan mengikuti kegiatan MPLS kami sangat terbantu untuk dapat mengetahui SMA Kristen Petra 3 secara lebih mendalam, serta dapat belajar menyesuaikan diri dengan proses pembelajaran yang ada di lingkungan tersebut. Selamat mengikuti proses pembelajaran selanjutnya. Kiranya kasih dan penyertaan Tuhan selalu menyertai kita.  

boost the values reap the success