| |

Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi

SMA Kristen Petra 3 Surabaya, dikenal memiliki alumni-alumni yang sukses dalam berbagai bidang pekerjaan. Salah satunya adalah Gho Danny, alumni SMA Kristen Petra 3 tahun 2015 tersebut memiliki pencapaian yang luar biasa di bidang akademik. Ia pernah dinobatkan menjadi salah satu mahasiswa berprestasi ketika ia mengikuti kuliah mewakili Universitas Kristen Petra pada ajang mahasiswa berprestasi tingkat Kopertis Jawa Timur. Selain itu ia juga pernah mewakili Universitas Kristen Petra dalam berbagai ajang kompetisi dan seminar baik nasional maupun internasional. Setelah lulus dari universitas, kemudian ia bekerja sebagai seorang data analis pada salah satu perusahaan pertambangan di Surabaya, sambil mempersiapkan studi magisternya. Beberapa pencapaian di atas ia peroleh berkat doa, ketekunan dan kerja keras yang selama ini ia lakukan.

Alumni_Homecoming_2_2.jpgAlumni_Homecoming_1_1.jpg

Pada awal semester 1 tahun ajaran 2020/2021, saat dimulainya kegiatan pembelajaran secara daring, SMA Kristen Petra 3 mengundang Gho Danny untuk menjadi salah satu pembicara pada kegiatan MPLS dengan materi Alumni Homecoming. Dalam acara tersebut ia menceritakan tentang perjalanan hidupnya mulai dari bangku sekolah sampai pada perjalanan karier dan pekerjaannya. Ketika ia menjalani pendidikan di SMA Kristen Petra 3 Surabaya, Gho Danny merasa sangat terkesan dengan kondisi dan lingkungan yang sangat kekeluargaan, seolah-olah sekat antara guru dan murid tidak ada. Hal ini membuat Gho Danny dapat belajar dengan nyaman, karena ia diperlakukan sebagai anak oleh Bapak Ibu Guru, dengan sabar Bapak Ibu Guru membimbingnya untuk dapat memahami dan mengerti materi pembelajaran serta membentuk karakternya menjadi pribadi yang takut akan Tuhan dan pekerja keras.  Mungkin saat ini situasi dan kondisinya berbeda, tetapi suasana kekeluargaan tersebut tetap bisa diwujudkan melalui media sosial yang ada.

Dalam sharingnya Gho Danny juga sempat menyampaikan bahwa ketika ia berada di bangku SMA ternyata ia mengalami beberapa kesulitan, mulai dari awal ketika ia berada di lingkungan yang baru sampai pada masa akhir studinya di mana ia harus menemukan apa yang menjadi bakat dan minat sesungguhnya dan mengambil keputusan untuk studi lanjut ke perguruan tinggi. Pada waktu itu ia mengkomunikasikan setiap kesulitan yang ia hadapi kepada Wali Kelas, Guru BK dan Bapak Ibu Guru yang lain, dan ia bersyukur melalui proses tersebut pada akhirnya ia dapat menemukan apa yang menjadi passion nya sampai pada akhirnya ia memutuskan untuk berkuliah di Universitas Kristen Petra. Gho Danny juga menyinggung bahwa kesulitan yang dialami oleh anak-anak saat ini mungkin akan lebih kompleks dibanding dengan jamannya dulu ketika SMA, mengingat saat ini anak-anak harus dituntut untuk beradaptasi dengan cepat di tengah situasi pandemi covid 19. Ini tentu bukanlah hal yang mudah tetapi ia menyampaikan kepada para siswa supaya tetap berfokus pada cita-cita dan harapannya di masa depan, dengan begitu para siswa akan termotivasi untuk berusaha mencapainya dan tidak mudah terpengaruh dengan situasi yang saat ini dialami. Ia juga mengajak para siswa untuk dapat menyikapi kesulitan yang ada sebagai sebuah tantangan untuk bisa maju dan memiliki daya juang yang tinggi untuk bisa beradaptasi dengan keadaan yang ada.

Melalui pengalaman yang dibagikan tersebut diharapkan para siswa SMA Kristen Petra 3 dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan serta memiliki semangat untuk tetap bisa berprestasi di tengah kondisi dan keadaan yang sulit dan tidak pernah terprediksi seperti saat ini dengan tetap mengandalkan kasih dan penyertaan Tuhan di dalam proses menjalani kehidupan sebagai siswa di SMA.

boost the values reap the success