| |

Kerangka Hidup Pada Era Disrupsi

Pada tanggal 11 Desember 2020 sekolah kami SMA Kristen Petra 3 Surabaya melaksanakan kegiatan Alumni Home Coming dengan tema “Kerangka hidup pada era disrupsi” dengan pembicara Suminto Husein Giman yang akrab dipanggil Ko Suminto, alumni SMA Kristen Petra 3 tahun 2007 yang saat ini bekerja sebagai Presiden Direktur di perusahaan Omudas Delapan raya dan PT Cakra Buana Resourses Energi.

image_003.jpgimage_004.jpgimage_002.jpg

Beliau berasal dari medan, keluarganya merantau ke Surabaya dalam keadaan yang kurang beruntung. Kondisi tersebut mendorong Ko Suminto untuk terus berusaha mencapai mimpi dan harapannya. Harapan tersebut membuat Ko Suminto untuk tetap memiliki optimisme bahwa suatu saat kondisi keluarganya akan membaik.

Perjalanan kesuksesan Ko Suminto diperolehnya dengan penuh kerja keras dan pengorbanan. Ketika sekolah beliau tekun belajar, dan rela mengesampingkan kesenangannya, selain itu sambil bersekolah beliau juga membantu orang tuanya berdagang di Pasar Atom. Setelah lulus SMA beliau mendapatkan kesempatan untuk kuliah di Jakarta, beliaupun merantau ke Jakarta, masa kuliah ia habiskan sambil bekerja sampai akhirnya beliau dinyatakan lulus dengan gelar magna cumlaude dan bekerja di PT. Chevron. Tidak lama bekerja di Chevron akhirnya ia berhenti dan mulai membangun perusahaan sampai menjadi presiden direktur. 

Menurut Ko Suminto hal utama yang bisa membuatnya sampai sejauh ini adalah berkat Tuhan dan pola pikir yang benar. Didalam kesempatan ini beliau menyampaikan pola pikir apa saja yang bisa membuatnya sampai ke tahap seperti sekarang. Pertama adalah kita harus mulai berpikir apa yang harus kita lakukan untuk menanggapi kondisi dan keadaan yang kita alami. Bersyukur saat ini kita hidup dalam situasi yang memungkinkan kita untuk melakukan semua hal yang kita ingin lakukan. Terutama pada masa Covid saat ini, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi dan keadaan yang kita alami. Kedua adalah Investasi waktu dengan lebih bijak dari orang-orang yang ada disekitar kita. Ketiga dalam mengambil keputusan kita perlu memikirakan dampak dan akibat yang akan terjadi selanjutnya. Keempat menurut Ko Suminto, ketika kita masih muda yang perlu kita lakukan adalah mengejar achievement. Kalau ingin menjadi orang besar maka kita harus mulai dengan berpikir besar.

Kelima, sebagai anak muda kita tidak perlu banyak alasan, orang yang banyak alasan biasanya karena mereka malas. Dalam menutup sharingnya Ko Suminto menyampaikan  kepada kita supaya bisa menjaga lingkungan pergaulan dengan melihat golden circle yang perlu kita miliki. Memilih siapa saja yang ada dalam lingkungan pergaulan kita dan akan menjadi masa depan kita. Selain itu Ko Suminto juga berpesan kepada kita bahwa dalam melakukan pola pikir diatas pasti banyak kendala yang akan kita alami, mungkin kita akan diremehkan, dihina dan dipandang sebelah mata, tidak perlu dipedulikan, tutup mata dan jalani semua. Darimanapun background kita. Kita perlu mindset yang tepat, supaya kita bisa beradaptasi di Era yang sudah tidak ada lagi sekat pembatas seperti saat ini. Terima kasih Ko Suminto atas pengalaman yang dibagikan kepada kami adik-adik kelas di SMA Kr. Petra 3, terus berkarya dan menjadi berkat.  Bangga SMATRAGA !

boost the values reap the success