| |

SMATRAGA Berbagi

Salah satu tugas dan panggilan kita sebagai orang Kristen adalah melayani. Melalui panggilan tersebut kita diajak untuk peduli dan bersedia berbagi dengan orang lain. Dalam rangka memupuk nilai-nilai kristiani di atas, kami para siswa kelas XII pada bulan Desember 2020 dan Januari 2021 melakukan kegiatan peduli kasih.\

Peduli_Kasih_3.jpegPeduli_Kasih_1.jpegPeduli_Kasih_2.jpeg

Sasaran dari kegiatan di atas adalah orang-orang yang membutuhkan pertolongan mulai dari lingkup yang paling kecil yaitu keluarga, tetangga, asisten rumah tangga, orang-orang yang berjasa kepada kami, sampai pada lingkup yang lebih luas seperti orang-orang kurang mampu, petugas kebersihan, tukang parkir, panti asuhan dan tenaga kesehatan.

Dalam melakukan kegiatan di atas kami membagi kelas menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari lima sampai enam orang. Setiap kelompok wajib menentukan lingkup yang akan mereka bantu, bisa mulai dari lingkup yang paling kecil sampai pada lingkup yang lebih luas. Setelah itu kami meeting melalui zoom untuk melakukan perencanaan kegiatan peduli kasih, apa yang akan kami lakukan, pertolongan dan bantuan apa yang akan kami berikan kepada orang-orang yang menjadi sasaran kami, anggaran yang diperlukan, kapan kami akan melakukan kegiatan tersebut, serta bagaimana teknis pelaksanaannya.

Dari hasil diskusi kelompok yang kami lakukan, ada beberapa kegiatan yang kami rencanakan, diantaranya, membantu asisten rumah tangga, ada juga yang membantu pekerjaan orang tua seperti menjaga toko, membersihkan rumah, memasak, mencuci pakaian. Ada juga yang memberikan donasi kepada tukang sampah yang ada di daerah perumahannya, memberikan donasi kepada tukang becak langganannya, memberikan donasi kepada panti asuhan, serta ada juga yang memberikan donasi kepada petugas kebersihan yang ada di sekitar jalan protokol di Surabaya. Setelah kami melakukan kegiatan tersebut, kami menuliskan refleksi yang berisi hasil dan pembelajaran apa yang kami peroleh serta komitmen kami selanjutnya. Kami bersyukur semua kegiatan yang kami rencanakan berjalan dengan lancar, semoga bantuan yang kami berikan dapat membawa sukacita, dan meringankan beban yang dimiliki oleh orang-orang yang ada di sekitar kami. Kegiatan ini bisa berjalan lancar karena pertolongan Tuhan.

Melalui kegiatan peduli kasih ini kami para siswa kelas XII belajar untuk  semakin memaknai hidup yang diberikan Tuhan. Kami sadar bahwa Tuhan menciptakan manusia sebagai penolong bagi sesamanya, untuk itu kita perlu berempati kepada semua orang yang membutuhkan tanpa memandang latar belakang yang mereka miliki, seperti yang Tuhan lakukan dalam pelayanannya. Melalui kegiatan ini kami belajar bahwa kita berbagi bukan karena kita mampu, kita berbagi bukan karena kita ingin mendapatkan sesuatu, tetapi kita berbagai karena kita ingin mensyukuri kasih karunia Tuhan dalam kehidupan kita.  Soli deo Gloria.

boost the values reap the success