| |

“Gelar Pameran Pendidikan Virtual,

Bekali Peserta Didik dalam Persiapan Studi Lanjut”

“Nanti lulus SMA mau kuliah apa ya? Saat ini jurusan kuliah yang sedang booming apa ya? Mau kuliah di mana ? Aku punya kemampuan dalam bidang seni, kira-kira harus masuk jurusan apa ya? Kuliah itu seperti apa sih? Apakah ada beasiswa yang bisa diajukan ketika kuliah?”  ….

Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan besar yang umum ditanyakan oleh peserta didik kelas XII dan masih banyak pertanyaan lain yang tidak jarang membuat suasana hati gundah serta bingung tanpa ujung karena harus segera mempersiapkan diri masuk dalam tahapan pendidikan yang lebih tinggi setelah lulus SMA. 

 
sma3_pameran02.png.jpgsma3_pameran03.pngsma3_pameran01.png

Melihat kondisi tersebut, sekolah sudah mempersiapkan kegiatan yang bisa memfasilitasi peserta didiknya guna mendapatkan beragam informasi yang mendukung mereka dalam memantapkan pilihan studi lanjut. Adapun kegiatan tersebut biasa dikenal sebagai Pameran Pendidikan (Edufair). Pameran pendidikan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 3 dan pada tahun ajaran 2021/2022 ini, pameran pendidikan berlangsung di bulan Agustus dan September.

Pameran pendidikan yang diselenggarakan di SMA Kristen Petra 3 dibagi dalam dua jenis, yakni pameran pendidikan virtual tunggal yang berlangsung mulai dari 18-20 Agustus 2021,  dihadiri oleh Universitas Kristen Petra Surabaya (UKP), Universitas Surabaya (UBAYA), dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Kemudian, ada pameran pendidikan virtual bersama yang berlangsung mulai dari tanggal 1-3 September 2021  dan dihadiri oleh beragam perguruan tinggi swasta dari Surabaya maupun luar Surabaya, diantaranya IKADO, LaSalle College, ISTTS, Jakarta International College (JIC), Universitas Pelita Harapan (UPH), Binus University, Alfalink, Raffles Desaign Institute, Indonesia International Institute for Life (I3L), Sampoerna University, Ottimo International, OBKG, Universitas Ciputra, Sages, dan Universitas Media Nusantara (UMN).

sma3_bersama02.jpgsma3_bersama06.jpgsma3_bersama05.jpgsma3_bersama01.jpgsma3_bersama03.jpgsma3_bersama04.jpg
 

Sekolah jarak jauh apakah bisa gelar pameran pendidikan? Tentu saja kondisi pandemi tidak menghalangi program sekolah dalam mengadakan kegiatan ini. Sesuai dengan namanya “Pameran Pendidikan Virtual” kegiatan ini dikemas secara daring melalui virtual meeting zoom, meskipun demikian kegiatan model daring tentunya tidak kalah menarik dengan kegiatan yang dilakukan secara on site di lingkungan sekolah, karena tetap dikemas secara menarik dan menyenangkan, serta menjadi media yang dapat memberikan ruang dan informasi kepada peserta didik.

Bersyukur karena kegiatan ini dapat terselenggara dengan lancar. Para siswa juga menunjukkan antusias dalam mengikuti pameran pendidikan virtual dan yang tidak kalah penting peserta didik mendapatkan informasi yang lengkap terkait perguruan tinggi, mulai dari jenis jurusan kuliah, prospek kerja lulusan, dan beasiswa-beasiswa yang dapat menunjang sistem pendidikan dan pastinya mendukung mereka dalam memantapkan pilihan studi lanjut. Buat peserta didik kelas XII semangat mempersiapkan rencana studi lanjut ya dan tetap libatkan Tuhan dalam segala rencana yang ingin kalian capai. Sampai jumpa dalam kegiatan pameran pendidikan tahun depan, Tuhan Yesus memberkati.

boost the values reap the success