| |

Student Leadership Camp

Bertepatan pada hari Jumat tanggal 8 Oktober 2021, Kami seluruh siswa yang tergabung dalam OSIS maupun PD mengikuti SLC (Student Leadership Camp) yang diadakan setahun sekali. Pasti ada dari kalian yang bingung nih…. Apa sih Student Leadership Camp itu?

SLC adalah suatu kegiatan camp dimana anak anak diajarkan bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik dan dapat menjadi contoh bagi orang lain. Kalau saja situasi sedang baik baik saja, SLC ini pasti akan lebih seru lagi. Kenapa? Karena biasanya SLC akan diadakan di luar kota dan kita akan menginap 3 hari 2 malam disana. Tapi, Jangan salah! Kegiatan SLC tahun ini tidak kalah seru dengan tahun-tahun sebelumnya, lhoo!

 
WhatsApp_Image_2021-10-26_at_11.13.53.jpegWhatsApp_Image_2021-10-26_at_11.13.12.jpegWhatsApp_Image_2021-10-26_at_11.11.58.jpegWhatsApp_Image_2021-10-26_at_11.15.07.jpeg

Acara kali ini dilaksanakan bersama dengan SMA Kristen Petra 1. Banyak dari kami yang bisa reunian bertemu dengan mereka yang sudah kami kenal dari SMP, lhoo! Sepertinya kegiatan SLC ini sangat menguntungkan, Ya!

Acara dibuka pukul 8.00 dengan pembukaan berupa pujian, renungan, doa pembuka dan sambutan oleh Wakil Direktur Pendidikan kita yaitu Ir. Agus Kisworo, M.Pd. . Siapa sangka pagi-pagi sekali, sebelum pukul 7.00 , banyak sekali yang sudah join zoom untuk kegiatan SLC. Rupanya banyak dari kami yang sangat antusias untuk menghadiri kegiatan kali ini.

Setelah sambutan dari Bapak Ir. Agus Kisworo selesai, kami dimasukkan ke dalam breakout room masing-masing sekolah untuk diskusi seputar organisasi mulai dari sejarah awal mulanya organisasi, bagaimana sih harus bersikap di organisasi tertentu dan apa tujuan dari terbentuknya organisasi. Diskusi ini dipimpin oleh WK Kesiswaan dari masing-masing sekolah. Diskusi kali ini berjalan dengan lancar, kami banyak mengemukakan pendapat dan berbagi pemikiran.

Setelah sesi tersebut selesai, kami istirahat sebentar sekiranya 30 menit untuk makan, minum dan mengistirahatkan mata yang mungkin sudah lelah memperhatikan laptop/pc secara terus menerus.

Sesi kedua akhirnya dimulai, kegiatan kami kali ini adalah mendengarkan ceramah mengenai materi wawasan kebangsaan di tengah keragaman bangsa Indonesia. Materi di bawakan oleh Bapak Ahmad Zainul Hamdi. Bapak Ahmad merupakan orang yang sangat santai dan beliau dapat memberikan materi dengan sangat jelas namun menyenangkan. Saya masih sangat jelas mengingat saat beliau berkata bahwa Indonesia ini merupakan negara yang sangat kaya dan sangat indah dengan keberagaman yang ada dari kita semua. Beliau menekankan bahwa dengan banyaknya keberagaman di tengah-tengah kita itu tidak membatasi kita untuk dapat berelasi. Kita harus bisa mengerti dan menerapkan toleransi dalam kehidupan sehari hari. Tiba dimana sesi tanya-jawab untuk materi wawasan kebangsaan. Begitu banyak antusias yang ditunjukkan dari kami untuk bertanya mengenai beberapa persoalan yang berhubungan dengan toleransi. Bapak Ahmad menjawab setiap pertanyaan demi pertanyaan dengan sangat jelas sehingga beliau sendiri menjulukinya seorang psikolog handal, hahaha..! Akhirnya, sesi kedua berakhir dengan menyenangkan.

Sehabis sesi kedua selesai, kami melanjutkan journey kecil-kecilan kami di sesi ketiga. Materi sesi ketiga dibawakan oleh Bapak Pendeta Firmanda dengan judul "Spiritualitas Pemimpin Pancasila". Bapak Firmanda juga sama santainya dengan Bapak Ahmad, namun yang membedakan adalah di selera humor mereka. Meskipun Bapak Firmanda merupakan seorang Pendeta, Bapak Firmanda sangat amat humoris sehingga materi berjalan dengan mulus dan sangat jelas. Sampai jelasnya pembicaraan Bapak Firmanda, saat sesi tanya jawab banyak dari kami yang kebingungan untuk bertanya. Namun tidak berlangsung lama, kami mulai bergantian bertanya mengenai persoalan pribadi maupun pergumulan di masyarakat yang ingin kami tanyakan pendapatnya dari Bapak Firmanda sendiri.

Wahh, tidak terasa ya waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 yang artinya kegiatan kami pada hari ini sudah akan selesai. Sesi ketiga sekaligus menjadi penutup dari kegiatan SLC pada hari pertama ini. Acara diakhiri dengan doa penutup dan kami bersama-sama mengucapkan terimakasih terhadap Bapak Firmanda. Hari pertama... Check !

Hari sabtu, tanggal 9 Oktober 2021. Tidak kalah antusias nya dari hari pertama, kami semua bersama-sama memasuki zoom meeting sejenak sebelum acara akan dimulai. Sama seperti hari pertama, kami memulai acara SLC dengan pujian, renungan dan doa. Susunan hari terakhir kita agak berbeda dari sebelumnya. Sesi pertama dibawakan oleh Kepala Sekolah kami, Ibu Wahyu Anggari dengan materi yang dibawakan berkaitan dengan Program Sekolah. Kami diberitahu bagaimana membuat program kerja yang baik dan benar serta berbagai macam dasar-dasar yang harus kita ketahui mengenai program kerja SMA Kristen Petra 3 sehingga kedepannya sebagai bagian dari organisasi kami dapat membantu dengan sepenuh hati untuk pengembangan program sekolah kami ini. Setelah cukup memahami materi program sekolah, kami diberikan waktu istirahat sejenak untuk melanjutkan ke sesi berikutnya.

Sesi berikutnya ini sangat ditunggu-tunggu, guys! Sebelum itu, kami dipisahkan terlebih dahulu menjadi beberapa kelompok berdasarkan huruf-huruf yang ada di kata 'LEADERSHIP' kemudian diberikan tugas masing-masing untuk menjelaskan kira kira implementasi dari huruf tersebut dengan kaitannya dalam kata Leadership itu apa.

Kami juga diberikan tugas untuk mencari tahu program kerja apa yang akan kita lakukan nantinya kemudian mempresentasikan-nya. Betapa serunya, kan!  Setelah siap membuat materi dan berbagai macam media yang akan dipakai untuk presentasi, kami pun akhirnya melakukan presentasi secara bergantian. Satu per satu kelompok juga berakhir memberi feedback untuk satu sama lainnya mengenai kekurangan mereka masing-masing. Kegiatan kami hampir menuju ke penghujung akhir. Kami melakukan deklarasi kesanggupan peserta SLC untuk menjadi pemimpin Pancasila yang cerdas dan baik.

And then wanseong!! Selesai!

Hari kedua... Check !

Begitulah pengalaman kami selama 2 hari ini mengikuti SLC. Akhirnya kami merampungkan aktivitas selama 2 hari untuk meningkatkan sifat kepemimpinan sebagai bekal dalam berorganisasi nantinya. Kami semua berharap bahwa kedepannya kami dapat menjadi seorang Pemimpin yang baik dan menjadi teladan bagi sekitar.

Semangat untuk semua para anggota OSIS dan PD! Fighting!!

 

(Felicia Oentoro)

boost the values reap the success