| |

SMATRAGA Goes To SOSRO

Bersekolah di SMA Kristen Petra 3 adalah sebuah berkat yang luar biasa untuk kami. Karena ada banyak kegiatan menarik yang bisa kami ikuti. Salah satunya adalah kegiatan pembelajaran. Mungkin bagi sebagian orang hal ini terdengar aneh, tetapi bagi kami tidak ada yang aneh sama sekali karena kegiatan pembelajaran di sekolah kami bukan hanya dilaksanakan di dalam kelas tetapi juga di luar kelas. Salah satu bentuk pembelajaran tersebut adalah melalui kegiatan karyawisata.  Pada tanggal 22 Januari 2020 kami para siswa kelas XI berkunjung ke PT Sinar Sosro yang ada di Mojosari, Mojokerto. PT Sinar Sosro adalah salah satu pelopor minuman kemasan dalam botol yang ada di Indonesia. Perusahaan ini dahulu berdiri di Slawi Jawa Tengah, dan saat ini bisa melebarkan produksinya sampai di beberapa tempat di Indonesia. Beberapa produk dari PT Sinar Sosro yang ada di pasaran diantaranya Teh Botol Sosro, Fruit Tea, S – Teb, Country Choice dan Air Mineral Prim – A.

 
Karyawisata_3.jpgKaryawisata_1.jpgKaryawisata_2.jpg

Bekunjung ke PT. Sinar Sosro merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Karena di tempat ini kami dapat mengetahui sedikit seluk beluk tentang industri minuman kemasan yang ada di sekitar kami, yang selama ini kami tidak memperhatikan. Sewaktu kami berada di PT Sinar Sosro kami melihat berbagai macam komponen yang ada di industri tersebut, mulai dari bangunan pabrik, mesin produksi, mesin pengemasan, mesin untuk mendaur ulang limbah dan gallery yang dipergunakan untuk memajang memorabilia dari PT Sinar Sosro. Semua tempat tertata dengan rapi dan bersih, pekerjaan yang dilakukan berlangsung dengan cepat dan teratur. Tidak banyak tenaga manusia yang dipergunakan di sana, semua dikerjakan dengan mesin, manusia hanya mengawasi dan mengontrol kerja dari mesin-mesin yang tersedia.

Di akhir kunjungan, kami diarahkan untuk menuju ke Aula PT Sinar Sosro melakukan diskusi dan tanya jawab terkait kegiatan yang ada di pabrik tersebut. Dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan di sana ada satu kegiatan yang menarik hati kami yaitu kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh pabrik tersebut sebagai wujud kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar. PT Sinar Sosro mempersilakan petani-petani yang ada di sekitar pabrik untuk mengambil pupuk yang dihasilkan dari olahan limbah pabrik untuk menyuburkan tanah pertanian dan tidak dipungut biaya sepeserpun. Dari tindakan tersebut kami terdorong untuk bisa melakukan hal yang sama, yaitu membantu orang-orang yang ada di sekitar dengan apa yang kami miliki sebagai wujud ungkapan syukur kami kepada Tuhan.

Setelah ke PT Sinar Sosro kami melanjutkan kunjungan ke Jatim Park 2, di sana kami dapat menikmati wahana yang disediakan. Di tempat ini kami dapat melihat dan mengenal berbagai macam satwa yang ada di tempat tersebut, yang selama ini kami hanya bisa melihat di internet melalui Youtube dan Google. Kami dapat melihat berbagai macam jenis burung, reptile, hewan air dan binatang buas. Semua binatang tersebut dirawat dengan baik oleh petugas yang ada di tempat tersebut. Dari sini kami belajar untuk lebih menghargai dan menjaga kelestarian alam tempat di mana kami tinggal dan berada, serta mensyukuri keagungan Tuhan melalui makhluk ciptaan-Nya.  

boost the values reap the success