SMATRAGA VOICE
| |

SMATRAGA Online Learning

Pic01

Selama masa karantina dalam rangka menanggulangi penyebaran virus corona (covid-19) ini, kami para siswa SMA Kristen Petra 3 melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah masing-masing dengan banyak metode. Ada dari schoology, google classroom, video call atau aplikasi zoom. Bapak dan ibu guru yang awalnya belum benar-benar mengenal pembelajaran melalui IT pun akhirnya ikut terjun dalam cara pembelajaran yang cukup baru ini. Kita dapat mengakses modul dan soal-soal latihan dari rumah, yang membuat kita dapat tetap belajar dengan mudah tanpa adanya pertemuan fisik sekalipun. Diam di rumah karena adanya social-distancing pun tidak menjadi  masalah untuk kami para siswa-siswi yang memang berkewajiban untuk belajar.

Pic03

Memang selama karantina kami tidak kemana-mana dan diharuskan untuk menetap di rumah. Tetapi menurut saya, banyak juga hal positif yang dapat diambil dari masa-masa seperti ini. Contohnya, kita dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, gaya hidup kita yang biasanya terbiasa keluar-keluar pun terkurangi, kebersihan diri kita tentunya juga menjadi lebih terjaga. Tentu diharuskan untuk di rumah terus-terusan akan menjadikan kita bosan, tetapi selain mengerjakan tugas-tugas yang banyak sekalipun, kita dapat menggunakan waktu untuk hal-hal seru lainnya. Misalnya dengan merawat diri (self-care), bermain game, video-call atau menelepon teman, mencoba hal-hal baru seperti memasak dan membuat kue, bahkan nonton film bersama melalui zoom pun dapat dengan mudah kita lakukan. Dalam masa-masa seperti ini, kita juga tidak boleh lupa untuk lebih lagi mendekatkan diri dengan Tuhan. Kita seringkali hanya takut terhadap virusnya dan melupakan maksud tersembunyi di baliknya, agar kita dapat berserah dan bergantung kepada Tuhan saja. Menghindari dan menjaga itu baik, tetapi tidak perlu juga sampai berlebihan. Banyak orang membeli masker dan hand-sanitizer dalam jumlah banyak dimana-mana hingga tidak sedikit orang yang tidak mendapat bagian. Menimbun terlalu banyak makanan dari supermarket juga banyak dilakukan oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab. Menurut saya semua usaha yang dilakukan itu tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan doa dan saat teduh bersama Tuhan.

Pic02

Penyebaran virus corona ini masih terus bertambah pesat di Indonesia. Maka dari itu, saya berharap kita dapat memiliki kesadaran masing-masing untuk membantu menguranginya. Tidak sulit untuk membantu para pekerja medis mengurangi jumlah pasien virus ini. Hanya dengan menetap dirumahaja, kita telah dapat secara perlahan mengurangi penyebaran virus ini. Jangan lupa untuk selalu cuci tangan, menggunakan hand-sanitizer di saat-saat tidak ada air mengalir, dan mandi secara teratur. Meminta pertolongan pada Tuhan, mengurangi kontak fisik dengan siapapun. Stay safe and God bless us.

 

Beatrice Lesmana/XI IPA 2

boost the values reap the success