| |

SMATRAGA Virtual Field Trip

Pada tanggal 07 Januari 2021, kami siswa-siswi SMA Kristen Petra 3 kelas XI mengikuti kegiatan virtual field trip yang difasilitasi oleh PT Amerta Indah Otsuka, Pasuruan. Ini adalah pengalaman baru bagi kami, berkunjung ke pabrik tetapi secara virtual melalui teleconference.

image_003.jpgimage_002.jpgimage_001.jpg
 

Kami sangat terkesan dengan kegiatan ini, karena disampaikan dengan sangat menarik. Di awal kami diajak berkeliling pabrik, melihat lingkungan sekitar pabrik, dimana kondisi pabrik sangat bersih, tertata dengan rapi, fasilitas pendukung protokol kesehatan juga dipenuhi dengan baik. Setelah itu kami melihat fasilitas produksi yang ada di dalamnya mulai hulu sampai hilir. Kami diajak mengamati proses pembuatan botol kemasan, melihat pembuatan bahan bak. Setelah itu kami diajak untuk melihat proses packaging, dan terakhir kami diajak untuk melihat proses daur ulang limbah sisa hasil produksi. Kami melihat standar operasional yang sangat teratur, tidak heran jika berbagai produk Otsuka banyak diminati oleh masyarakat.

Setelah kami berkeliling melihat fasilitas produksi secara virtual, kami diajak untuk mendengarkan paparan materi yang menjelaskan tentang sejarah berdirinya PT. Amerta Indah Otsuka, produk-produk apa saja yang dibuat di pabrik tersebut, produk yang menjadi unggulan, bagaimana mereka mengelola bisnis tersebut sehingga dapat bertahan dan produknya dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu kami juga diajak untuk berdiskusi, kami mengajukan beberapa pertanyaan yang sekiranya bisa kami masukkan di dalam laporan yang akan kami kumpulkan ke wali kelas masing-masing. Pada akhir virtual fild trip kami diajak untuk mengikuti kuis yang berhadiah voucher produk Otsuka, yang bisa kami tukarkan di minimarket terdekat, kami juga menerima sertifikat dari PT. Amerta Indah Otsuka. 

Sungguh bersyukur, karena bantuan teknologi, walaupaun di masa pandemi kami masih bisa mengikuti kegiatan yang positif. Sekolah dengan luar biasa memfasilitasi kami untuk bisa melakukan kegiatan pembelajaran yang menarik melalui kunjungan virtual. Kami merasa seolah-olah berada di lingkungan pabrik dan ikut melihat secara langsung aktivitas yang ada di sana. Pengalaman ini memberikan pembelajaran yang sangat berharga bagi kami siswa-siswi kelas XI, bahwa kita dituntut untuk bisa menjawab tantangan dan perubahan zaman dengan cepat. Keadaan tidak bisa menjadi penghalang bagi kami untuk terus maju, seperti ungkapan lama yang mengatakan bahwa di mana ada kemauan di situ ada jalan. Bangga SMATRAGA.

boost the values reap the success