| |

Student Leadership Camp

Bertepatan pada hari Jumat tanggal 8 Oktober 2021, Kami seluruh siswa yang tergabung dalam OSIS maupun PD mengikuti SLC (Student Leadership Camp) yang diadakan setahun sekali. Pasti ada dari kalian yang bingung nih…. Apa sih Student Leadership Camp itu?

SLC adalah suatu kegiatan camp dimana anak anak diajarkan bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik dan dapat menjadi contoh bagi orang lain. Kalau saja situasi sedang baik baik saja, SLC ini pasti akan lebih seru lagi. Kenapa? Karena biasanya SLC akan diadakan di luar kota dan kita akan menginap 3 hari 2 malam disana. Tapi, Jangan salah! Kegiatan SLC tahun ini tidak kalah seru dengan tahun-tahun sebelumnya, lhoo!

 
WhatsApp_Image_2021-10-26_at_11.13.53.jpegWhatsApp_Image_2021-10-26_at_11.13.12.jpegWhatsApp_Image_2021-10-26_at_11.11.58.jpegWhatsApp_Image_2021-10-26_at_11.15.07.jpeg

Acara kali ini dilaksanakan bersama dengan SMA Kristen Petra 1. Banyak dari kami yang bisa reunian bertemu dengan mereka yang sudah kami kenal dari SMP, lhoo! Sepertinya kegiatan SLC ini sangat menguntungkan, Ya!

Acara dibuka pukul 8.00 dengan pembukaan berupa pujian, renungan, doa pembuka dan sambutan oleh Wakil Direktur Pendidikan kita yaitu Ir. Agus Kisworo, M.Pd. . Siapa sangka pagi-pagi sekali, sebelum pukul 7.00 , banyak sekali yang sudah join zoom untuk kegiatan SLC. Rupanya banyak dari kami yang sangat antusias untuk menghadiri kegiatan kali ini.

Setelah sambutan dari Bapak Ir. Agus Kisworo selesai, kami dimasukkan ke dalam breakout room masing-masing sekolah untuk diskusi seputar organisasi mulai dari sejarah awal mulanya organisasi, bagaimana sih harus bersikap di organisasi tertentu dan apa tujuan dari terbentuknya organisasi. Diskusi ini dipimpin oleh WK Kesiswaan dari masing-masing sekolah. Diskusi kali ini berjalan dengan lancar, kami banyak mengemukakan pendapat dan berbagi pemikiran.

Setelah sesi tersebut selesai, kami istirahat sebentar sekiranya 30 menit untuk makan, minum dan mengistirahatkan mata yang mungkin sudah lelah memperhatikan laptop/pc secara terus menerus.

Sesi kedua akhirnya dimulai, kegiatan kami kali ini adalah mendengarkan ceramah mengenai materi wawasan kebangsaan di tengah keragaman bangsa Indonesia. Materi di bawakan oleh Bapak Ahmad Zainul Hamdi. Bapak Ahmad merupakan orang yang sangat santai dan beliau dapat memberikan materi dengan sangat jelas namun menyenangkan. Saya masih sangat jelas mengingat saat beliau berkata bahwa Indonesia ini merupakan negara yang sangat kaya dan sangat indah dengan keberagaman yang ada dari kita semua. Beliau menekankan bahwa dengan banyaknya keberagaman di tengah-tengah kita itu tidak membatasi kita untuk dapat berelasi. Kita harus bisa mengerti dan menerapkan toleransi dalam kehidupan sehari hari. Tiba dimana sesi tanya-jawab untuk materi wawasan kebangsaan. Begitu banyak antusias yang ditunjukkan dari kami untuk bertanya mengenai beberapa persoalan yang berhubungan dengan toleransi. Bapak Ahmad menjawab setiap pertanyaan demi pertanyaan dengan sangat jelas sehingga beliau sendiri menjulukinya seorang psikolog handal, hahaha..! Akhirnya, sesi kedua berakhir dengan menyenangkan.

Sehabis sesi kedua selesai, kami melanjutkan journey kecil-kecilan kami di sesi ketiga. Materi sesi ketiga dibawakan oleh Bapak Pendeta Firmanda dengan judul "Spiritualitas Pemimpin Pancasila". Bapak Firmanda juga sama santainya dengan Bapak Ahmad, namun yang membedakan adalah di selera humor mereka. Meskipun Bapak Firmanda merupakan seorang Pendeta, Bapak Firmanda sangat amat humoris sehingga materi berjalan dengan mulus dan sangat jelas. Sampai jelasnya pembicaraan Bapak Firmanda, saat sesi tanya jawab banyak dari kami yang kebingungan untuk bertanya. Namun tidak berlangsung lama, kami mulai bergantian bertanya mengenai persoalan pribadi maupun pergumulan di masyarakat yang ingin kami tanyakan pendapatnya dari Bapak Firmanda sendiri.

Wahh, tidak terasa ya waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 yang artinya kegiatan kami pada hari ini sudah akan selesai. Sesi ketiga sekaligus menjadi penutup dari kegiatan SLC pada hari pertama ini. Acara diakhiri dengan doa penutup dan kami bersama-sama mengucapkan terimakasih terhadap Bapak Firmanda. Hari pertama... Check !

Hari sabtu, tanggal 9 Oktober 2021. Tidak kalah antusias nya dari hari pertama, kami semua bersama-sama memasuki zoom meeting sejenak sebelum acara akan dimulai. Sama seperti hari pertama, kami memulai acara SLC dengan pujian, renungan dan doa. Susunan hari terakhir kita agak berbeda dari sebelumnya. Sesi pertama dibawakan oleh Kepala Sekolah kami, Ibu Wahyu Anggari dengan materi yang dibawakan berkaitan dengan Program Sekolah. Kami diberitahu bagaimana membuat program kerja yang baik dan benar serta berbagai macam dasar-dasar yang harus kita ketahui mengenai program kerja SMA Kristen Petra 3 sehingga kedepannya sebagai bagian dari organisasi kami dapat membantu dengan sepenuh hati untuk pengembangan program sekolah kami ini. Setelah cukup memahami materi program sekolah, kami diberikan waktu istirahat sejenak untuk melanjutkan ke sesi berikutnya.

Sesi berikutnya ini sangat ditunggu-tunggu, guys! Sebelum itu, kami dipisahkan terlebih dahulu menjadi beberapa kelompok berdasarkan huruf-huruf yang ada di kata 'LEADERSHIP' kemudian diberikan tugas masing-masing untuk menjelaskan kira kira implementasi dari huruf tersebut dengan kaitannya dalam kata Leadership itu apa.

Kami juga diberikan tugas untuk mencari tahu program kerja apa yang akan kita lakukan nantinya kemudian mempresentasikan-nya. Betapa serunya, kan!  Setelah siap membuat materi dan berbagai macam media yang akan dipakai untuk presentasi, kami pun akhirnya melakukan presentasi secara bergantian. Satu per satu kelompok juga berakhir memberi feedback untuk satu sama lainnya mengenai kekurangan mereka masing-masing. Kegiatan kami hampir menuju ke penghujung akhir. Kami melakukan deklarasi kesanggupan peserta SLC untuk menjadi pemimpin Pancasila yang cerdas dan baik.

And then wanseong!! Selesai!

Hari kedua... Check !

Begitulah pengalaman kami selama 2 hari ini mengikuti SLC. Akhirnya kami merampungkan aktivitas selama 2 hari untuk meningkatkan sifat kepemimpinan sebagai bekal dalam berorganisasi nantinya. Kami semua berharap bahwa kedepannya kami dapat menjadi seorang Pemimpin yang baik dan menjadi teladan bagi sekitar.

Semangat untuk semua para anggota OSIS dan PD! Fighting!!

 

(Felicia Oentoro)

Ekspresi Diri dalam Balutan Literasi

WhatsApp Image 2021 11 26 at 8.34.56 AM

Bulan Oktober ditetapkan sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan bangsa Indonesia memperingatinya sebagai bulan bahasa setiap tahun. Alasan ditetapkannya bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia ini sebenarnya merujuk pada sejarah bangsa Indonesia. Sejarah mencatat pada tanggal 28 Oktober 1928 dikumandangkannya Sumpah Pemuda, dalam keputusan Kongres Pemuda II, di Jakarta. Salah satu isinya yaitu menyatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan Bahasa Nasional sekaligus bahasa pemersatu bangsa. Oleh sebab itu, pada bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda.

Dalam bidang akademis sudah banyak kalangan sekolah yang menggelar kegiatan kebahasaan dan kesastraan di bulan Oktober. Sama halnya dengan SMA Kristen Petra 3, pada bulan Oktober tepatnya tanggal 28 Oktober 2021, memperingati hari sumpah pemuda dan bulan Bahasa. Acara diadakan sangat meriah dan berlangsung lancar. Meskipun pandemi Covid-19 masih melanda, perayaan Bulan Bahasa dan Sastra tahun ini tidak menyurutkan semangat seluruh keluarga besar SMA Kristen Petra 3 terkhusus para siswa untuk ikut berpartisipasi. Acara dilakukan secara virtual dengan mengusung tema “Maju Bahasa dan Sastra, Maju Indonesia”. SMA Kristen Petra 3 tahun ini mengadakan kegiatan lomba-lomba dengan subtema Cipta Karya Anak Bangsa dalam Balutan Literasi.

 
WhatsApp_Image_2021-11-26_at_8.42.00_AM_1.jpegWhatsApp_Image_2021-11-26_at_8.42.00_AM.jpegWhatsApp_Image_2021-11-26_at_8.42.01_AM.jpeg

Rangkaian kegiatan diawali dengan renungan pagi untuk para siswa, dilanjutkan prosesi upacara memperingati hari sumpah pemuda secara virtual yang berjalan dengan khitmad dan tertib diikuti seluruh siswa, guru dan karyawan. Kegiatan selanjutnya adalah lomba-lomba Bulan Bahasa, dipimpin oleh MC dari perwakilan OSIS yang ikut memeriahkan acara lomba sehingga terasa antusias para siswa dalam mengikuti dan berpartisipasi di lomba bulan Bahasa kali ini. Adapun rangkaian lombanya sebagai berikut: lomba musikalisasi puisi, lomba cover lagu campursari, lomba pidato Bahasa Inggris dengan tema Survive, Revive and Thrive, lomba penyampaian informasi dalam Bahasa Mandarin, dan yang terakhir lomba membuat maskot sekolah.

Kegiatan lomba ini diikuti oleh para siswa mulai dari kelas X, XI, dan XII, dengan ketentuan para siswa di masing-masing kelas harus memilih perwakilan temannya untuk mengikuti setiap lomba yang diadakan. Sebelum perlombaan dimulai sebagai pembuka acara bapak/ibu guru memberikan kejutan dengan persembahan lagu Pemuda melalui virtual, para siswa terlihat antusias sekaligus merasa senang melihat bapak/ibu guru tampil. Kemudian dilanjutkan dengan lomba pidato Bahasa Inggris dan musikalisasi puisi dari perwakilan tiap kelas secara live dan penampilan video. Semakin semarak acara tersebut karena didukung dengan support dari masing-masing kelas. Tak terasa perlombaan pertama dan kedua telah usai, para siswa diberi waktu untuk istirahat 30 menit. Dan kembali bergabung karena akan dilanjutkan dengan kejutan berikutnya yakni penampilan dari bapak/ibu guru yang menyanyikan lagu Mendung tanpa Udan secara live sebagai pembuka lomba cover lagu campursari. Penampilan yang sangat memukau dari bapak/ibu guru dan karyawan dan menghibur semua warga sekolah. Hal itu terlihat dari banyaknya kesan melalui chat tanda sangat menikmati dan terhibur dengan penampilan tersebut.

Lomba ketiga pun dimulai yakni lomba cover lagu campursari dari perwakilan masing-masing kelas. Para juri sangat terkesan dan terharu dengan penampilan peserta yang luar biasa. lomba keempat yaitu penyampaian informasi dengan Bahasa Mandarin secara live yang dijuri langsung oleh kedua guru Bahasa Mandarin (Laoshi) mereka. Perlombaan ini juga tidak kalah serunya bagaimana para siswa bisa menggunakan Bahasa Mandarin dengan baik dan benar disertai penerjemahan Bahasa Indonesia sehingga semua penonton bisa memahami informasi yang disampaikan oleh tiap peserta lomba.

Hingga sampailah pada lomba terakhir, yaitu lomba maskot sekolah yang ditampilkan dan dipresentasikan oleh tiga terbaik dari setiap peserta lomba. Mereka diberi kesempatan untuk mempresentasikan maskot dan arti dari simbol atau gambar yang ada dalam karya mereka. Di akhir acara para siswa diajak untuk bermain mini games sebagai hiburan, terlebih agar seluruh siswa bisa berperan aktif selain peserta lomba. Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang masing-masing lomba dan ditutup dengan doa penutup.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme dalam diri para siswa. Selain itu, kegiatan ini juga dapat berguna sebagai sarana pengembangan bakat dan talenta para siswa dalam berekspresi walaupun dalam masa pandemi.

(Dini Christiani, S.S)

Create The Spirit Of Young Entrepreneurs

SMATRAGA ENTREPRENEURSHIP COMPETITION atau sering disingkat SEC merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 3. Tahun ini adalah tahun kelima pelaksanaan SEC. Namun dikarenakan adanya pandemi covid-19, dua tahun terakhir pelaksanaannya dilakukan secara daring. Hal tersebut tidak mengurangi antusiasme para siswa SMP untuk mengikuti kompetisi ini, terbukti dengan jumlah peserta yang mendaftar yaitu mencapai 40 tim dimana 1 tim terdiri dari 3 peserta dari delapan SMP di Jawa timur dan Jawa Tengah.

 
WhatsApp_Image_2021-09-22_at_2.21.05_PM_1.jpegWhatsApp_Image_2021-09-22_at_2.21.03_PM.jpegWhatsApp_Image_2021-09-22_at_2.21.03_PM_1.jpegWhatsApp_Image_2021-09-22_at_2.21.02_PM_1.jpegWhatsApp_Image_2021-09-22_at_2.21.05_PM.jpegWhatsApp_Image_2021-09-22_at_2.21.02_PM.jpegWhatsApp_Image_2021-09-22_at_2.21.04_PM_2.jpegWhatsApp_Image_2021-09-22_at_2.21.04_PM.jpegWhatsApp_Image_2021-09-22_at_2.21.04_PM_1.jpeg

SEC 2021 kali ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Simple Business Plan Idea dan Rally Games. Pada Simple Business Plan Idea para peserta diberi waktu 1 minggu untuk mengolah makanan atau minuman dengan bahan dasar yang ditentukan oleh panitia. Mereka harus menunjukkan dan menjelaskan bahan yang dipakai, proses pembuatan, target pasar dan harga jual dalam sebuah video yang diunggah ke akun Instagram masing-masing peserta.

Hasilnya sungguh luar biasa. Para peserta, walaupun masih SMP, mampu menampilkan berbagai produk olahan yang sangat kreatif dengan kemasan yang menarik. Mulai dari coco jelly, keripik, dessert box, hingga minuman kesehatan. Dick Derian, salah satu juri yang merupakan seorang chef dan entrepreneur, pun dibuat kagum dengan hasil karya para peserta.

Pada tanggal 11 September 2021 pukul 07.30, peserta mengikuti bagian kedua dari SEC 2021 yaitu Rally Games, dimana mereka diharuskan menyelesaikan tantangan di setiap pos. Ada 4 pos yang harus mereka selesaikan, antara lain; How entrepreneural are you? , Mysterious box, Catch me if you can, dan Flip the card

Rally games berakhir pada pukul 11.00. Pemenang ditentukan dari hasil penilaian Simple Business Plan Idea dan Rally Games. Berikut para pemenang SEC 2021 :

Juara I  :  Tim D10 (SMP Kristen Petra 5)

Juara II  : Tim A08 (SMP Satya Wacana Salatiga)

Juara III  : Tim C02 (SMP Citra Berkat)

Juara Harapan I : Tim C03 (SMP Kristen Petra 3)

Juara Harapan II : Tim D01 (SMP Kristen Petra 4)

Selamat kepada para pemenang. Bagi teman-teman SMP, yuk ikut SEC 2022 dan tunjukkan potensimu. Salam entrepreneur!

“Gelar Pameran Pendidikan Virtual,

Bekali Peserta Didik dalam Persiapan Studi Lanjut”

“Nanti lulus SMA mau kuliah apa ya? Saat ini jurusan kuliah yang sedang booming apa ya? Mau kuliah di mana ? Aku punya kemampuan dalam bidang seni, kira-kira harus masuk jurusan apa ya? Kuliah itu seperti apa sih? Apakah ada beasiswa yang bisa diajukan ketika kuliah?”  ….

Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan besar yang umum ditanyakan oleh peserta didik kelas XII dan masih banyak pertanyaan lain yang tidak jarang membuat suasana hati gundah serta bingung tanpa ujung karena harus segera mempersiapkan diri masuk dalam tahapan pendidikan yang lebih tinggi setelah lulus SMA. 

 
sma3_pameran02.png.jpgsma3_pameran03.pngsma3_pameran01.png

Melihat kondisi tersebut, sekolah sudah mempersiapkan kegiatan yang bisa memfasilitasi peserta didiknya guna mendapatkan beragam informasi yang mendukung mereka dalam memantapkan pilihan studi lanjut. Adapun kegiatan tersebut biasa dikenal sebagai Pameran Pendidikan (Edufair). Pameran pendidikan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 3 dan pada tahun ajaran 2021/2022 ini, pameran pendidikan berlangsung di bulan Agustus dan September.

Pameran pendidikan yang diselenggarakan di SMA Kristen Petra 3 dibagi dalam dua jenis, yakni pameran pendidikan virtual tunggal yang berlangsung mulai dari 18-20 Agustus 2021,  dihadiri oleh Universitas Kristen Petra Surabaya (UKP), Universitas Surabaya (UBAYA), dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Kemudian, ada pameran pendidikan virtual bersama yang berlangsung mulai dari tanggal 1-3 September 2021  dan dihadiri oleh beragam perguruan tinggi swasta dari Surabaya maupun luar Surabaya, diantaranya IKADO, LaSalle College, ISTTS, Jakarta International College (JIC), Universitas Pelita Harapan (UPH), Binus University, Alfalink, Raffles Desaign Institute, Indonesia International Institute for Life (I3L), Sampoerna University, Ottimo International, OBKG, Universitas Ciputra, Sages, dan Universitas Media Nusantara (UMN).

sma3_bersama02.jpgsma3_bersama06.jpgsma3_bersama05.jpgsma3_bersama01.jpgsma3_bersama03.jpgsma3_bersama04.jpg
 

Sekolah jarak jauh apakah bisa gelar pameran pendidikan? Tentu saja kondisi pandemi tidak menghalangi program sekolah dalam mengadakan kegiatan ini. Sesuai dengan namanya “Pameran Pendidikan Virtual” kegiatan ini dikemas secara daring melalui virtual meeting zoom, meskipun demikian kegiatan model daring tentunya tidak kalah menarik dengan kegiatan yang dilakukan secara on site di lingkungan sekolah, karena tetap dikemas secara menarik dan menyenangkan, serta menjadi media yang dapat memberikan ruang dan informasi kepada peserta didik.

Bersyukur karena kegiatan ini dapat terselenggara dengan lancar. Para siswa juga menunjukkan antusias dalam mengikuti pameran pendidikan virtual dan yang tidak kalah penting peserta didik mendapatkan informasi yang lengkap terkait perguruan tinggi, mulai dari jenis jurusan kuliah, prospek kerja lulusan, dan beasiswa-beasiswa yang dapat menunjang sistem pendidikan dan pastinya mendukung mereka dalam memantapkan pilihan studi lanjut. Buat peserta didik kelas XII semangat mempersiapkan rencana studi lanjut ya dan tetap libatkan Tuhan dalam segala rencana yang ingin kalian capai. Sampai jumpa dalam kegiatan pameran pendidikan tahun depan, Tuhan Yesus memberkati.

Merdeka!!!!! ….

Hari Kemerdekaan merupakan momen yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia setelah sekian lamanya berjuang melawan penjajah. Saat ini, masih dalam suasana Pandemi Covid-19, peringatan HUT RI yang ke-76 juga kami rayakan sekalipun secara daring. Pada tanggal 16 Agustus 2021  SMA Kristen Petra 3 mengadakan kegiatan lomba-lomba yang meriah untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Salah satu dari lomba-lomba tersebut diadakan lebih awal, yaitu lomba E-sport yang dilaksanakan tanggal 13 Agustus 2021. Sebelum memulai perlombaan kami mengawali dengan renungan pagi dan menyanyikan lagu pujian, dilanjutkan dengan pembukaan dari host yang seru dan super heboh dengan kostum dan penampilannya, juga persiapan peserta lomba. Acara menjadi semakin meriah dengan  pemutaran video supporter dari perwakilan setiap kelas, dukungan dari supporter ini juga dilombakan lho… Setelah itu dilanjutkan dengan perlombaan quiz kemerdekaan yang mengasah pengetahuan siswa seputar sejarah kemerdekaan.

 
R_Screenshot_168.jpgR_Screenshot_165.jpgR_Screenshot_2021-08-17-08-05-12-07.jpgR_Screenshot_161.jpgR_Screenshot_169.jpg

Agar suasana perayaan HUT RI lebih terasa, kami juga mendengarkan pemutaran lagu-lagu perjuangan. Acara dilanjutkan dengan lomba tebak gerakan yang dimainkan oleh tim yang terdiri dari dua peserta. Keseruan terjadi, audience bisa tertawa-tawa karena melihat gerakan yang diperagakan oleh peraga yang sulit untuk ditebak oleh teman satu timnya.

Setelah waktu istirahat, lomba yang paling ditunggu-tunggu semua murid dimulai yaitu penayangan lomba E-sport. E-sport kali ini menggunakan game yang bernama PUBG dan pada sesi ini para siswa menyaksikan video hasil lomba yang dilaksanakan tanggal 13 Agustus 2021. Setiap anggota tim memerlukan skill untuk bermain dan kerjasama yang baik antar tim. Untuk pertama kalinya, SMA Kristen Petra 3 mengadakan lomba E-sport dan dapat berjalan dengan lancar. 

Untuk mengapresiasi minat siswa, OSIS juga mengadakan lomba video tiktok dance dan tiktok edukasi. Host menayangkan video tiktok dance dan tiktok edukasi dari peserta lomba secara bergantian. Sebagai puncak acara, panitia penyelenggara mengumumkan para pemenang dari setiap lomba. Sebelum mengakhiri acara kami menutupnya dalam doa dan puji-pujian.

Pada hari Selasa, 17 Agustus pukul 08.00 kami semua mengikuti upacara bendera memperingati HUT RI secara daring melalui streaming youtube. Sekalipun upacara dilakukan secara virtual, kami tetap mengikutinya dengan khidmat.

Sebagai generasi penerus, tugas kami adalah belajar dengan semaksimal mungkin dan mengembangkan talenta yang kami miliki agar peringatan HUT RI tidak sekadar diperingati dengan euforia saja, melainkan dengan karya nyata. Doa kami juga yang terbaik untuk SMA Kristen Petra 3. Merdeka!!! ….

boost the values reap the success