| |

Kegiatan Pelatihan Lomba

Mulai bulan April 2021, kami 6 siswa SMA Kristen Petra 3 yang lolos untuk mengikuti kompetisi sains nasional tingkat kota Surabaya berlatih secara teratur dibimbing oleh Ibu Bapak Guru untuk membekali diri mengikuti kompetisi sains nasional tingkat kota tersebut.

PELATIHAN OLIMPIADE1

Ada 3 bidang lomba yang kami ikuti, diantaranya, Matematika, Astronomi dan Ekonomi. Untuk bidang Matematika diwakili oleh Chellyn dan Enrich Daniel dari kelas X IPA, kemudian untuk bidang Astronomi diwakili oleh Geraldo Ariel dan Clairine Natalie dari kelas X IPA, sedangkan untuk bidang Ekonomi diwakili oleh Jevon Joe Ariel dan Michael Susanto dari kelas XI IPS 1.

PELATIHAN OLIMPIADE1

Kami berlatih mempersiapkan diri dibimbing oleh Ibu Stefani untuk bidang matematika, Bapak Tantang Suprayogi untuk bidang Astronomi dan Bapak Vedro T. Sijabat untuk mata pelajaran Ekonomi. Bersama mereka kami berlatih membahas materi pelatihan yang sudah disiapkan, kemudian kami juga membahas soal-soal latihan KSN tahun sebelumnya.  

Kami bersyukur, melalui pelatihan yang diberikan oleh Ibu Bapak guru hal ini dapat membantu kami untuk lebih memahami materi KSN. Kami juga merasa senang mengikuti pelatihan ini karena pembimbing yang mengajar menyampaikan materi dengan menyenangkan, asyik dan seru. Kami berterima kasih karena diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan tersebut. Kami berharap semoga melalui pelatihan ini kami dapat membekali diri dengan pengetahuan yang cukup guna menghadapi kompetisi sains nasional tingkat kota yang akan diselenggarakan pada bulan Juni 2021 nanti. Terima kasih untuk Ibu Bapak pembimbing.

Chellyn
SMA Kristen Petra 3

SMATRAGA Berbagi

Salah satu tugas dan panggilan kita sebagai orang Kristen adalah melayani. Melalui panggilan tersebut kita diajak untuk peduli dan bersedia berbagi dengan orang lain. Dalam rangka memupuk nilai-nilai kristiani di atas, kami para siswa kelas XII pada bulan Desember 2020 dan Januari 2021 melakukan kegiatan peduli kasih.\

Peduli_Kasih_3.jpegPeduli_Kasih_1.jpegPeduli_Kasih_2.jpeg

Sasaran dari kegiatan di atas adalah orang-orang yang membutuhkan pertolongan mulai dari lingkup yang paling kecil yaitu keluarga, tetangga, asisten rumah tangga, orang-orang yang berjasa kepada kami, sampai pada lingkup yang lebih luas seperti orang-orang kurang mampu, petugas kebersihan, tukang parkir, panti asuhan dan tenaga kesehatan.

Dalam melakukan kegiatan di atas kami membagi kelas menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari lima sampai enam orang. Setiap kelompok wajib menentukan lingkup yang akan mereka bantu, bisa mulai dari lingkup yang paling kecil sampai pada lingkup yang lebih luas. Setelah itu kami meeting melalui zoom untuk melakukan perencanaan kegiatan peduli kasih, apa yang akan kami lakukan, pertolongan dan bantuan apa yang akan kami berikan kepada orang-orang yang menjadi sasaran kami, anggaran yang diperlukan, kapan kami akan melakukan kegiatan tersebut, serta bagaimana teknis pelaksanaannya.

Dari hasil diskusi kelompok yang kami lakukan, ada beberapa kegiatan yang kami rencanakan, diantaranya, membantu asisten rumah tangga, ada juga yang membantu pekerjaan orang tua seperti menjaga toko, membersihkan rumah, memasak, mencuci pakaian. Ada juga yang memberikan donasi kepada tukang sampah yang ada di daerah perumahannya, memberikan donasi kepada tukang becak langganannya, memberikan donasi kepada panti asuhan, serta ada juga yang memberikan donasi kepada petugas kebersihan yang ada di sekitar jalan protokol di Surabaya. Setelah kami melakukan kegiatan tersebut, kami menuliskan refleksi yang berisi hasil dan pembelajaran apa yang kami peroleh serta komitmen kami selanjutnya. Kami bersyukur semua kegiatan yang kami rencanakan berjalan dengan lancar, semoga bantuan yang kami berikan dapat membawa sukacita, dan meringankan beban yang dimiliki oleh orang-orang yang ada di sekitar kami. Kegiatan ini bisa berjalan lancar karena pertolongan Tuhan.

Melalui kegiatan peduli kasih ini kami para siswa kelas XII belajar untuk  semakin memaknai hidup yang diberikan Tuhan. Kami sadar bahwa Tuhan menciptakan manusia sebagai penolong bagi sesamanya, untuk itu kita perlu berempati kepada semua orang yang membutuhkan tanpa memandang latar belakang yang mereka miliki, seperti yang Tuhan lakukan dalam pelayanannya. Melalui kegiatan ini kami belajar bahwa kita berbagi bukan karena kita mampu, kita berbagi bukan karena kita ingin mendapatkan sesuatu, tetapi kita berbagai karena kita ingin mensyukuri kasih karunia Tuhan dalam kehidupan kita.  Soli deo Gloria.

Kerangka Hidup Pada Era Disrupsi

Pada tanggal 11 Desember 2020 sekolah kami SMA Kristen Petra 3 Surabaya melaksanakan kegiatan Alumni Home Coming dengan tema “Kerangka hidup pada era disrupsi” dengan pembicara Suminto Husein Giman yang akrab dipanggil Ko Suminto, alumni SMA Kristen Petra 3 tahun 2007 yang saat ini bekerja sebagai Presiden Direktur di perusahaan Omudas Delapan raya dan PT Cakra Buana Resourses Energi.

image_003.jpgimage_004.jpgimage_002.jpg

Beliau berasal dari medan, keluarganya merantau ke Surabaya dalam keadaan yang kurang beruntung. Kondisi tersebut mendorong Ko Suminto untuk terus berusaha mencapai mimpi dan harapannya. Harapan tersebut membuat Ko Suminto untuk tetap memiliki optimisme bahwa suatu saat kondisi keluarganya akan membaik.

Perjalanan kesuksesan Ko Suminto diperolehnya dengan penuh kerja keras dan pengorbanan. Ketika sekolah beliau tekun belajar, dan rela mengesampingkan kesenangannya, selain itu sambil bersekolah beliau juga membantu orang tuanya berdagang di Pasar Atom. Setelah lulus SMA beliau mendapatkan kesempatan untuk kuliah di Jakarta, beliaupun merantau ke Jakarta, masa kuliah ia habiskan sambil bekerja sampai akhirnya beliau dinyatakan lulus dengan gelar magna cumlaude dan bekerja di PT. Chevron. Tidak lama bekerja di Chevron akhirnya ia berhenti dan mulai membangun perusahaan sampai menjadi presiden direktur. 

Menurut Ko Suminto hal utama yang bisa membuatnya sampai sejauh ini adalah berkat Tuhan dan pola pikir yang benar. Didalam kesempatan ini beliau menyampaikan pola pikir apa saja yang bisa membuatnya sampai ke tahap seperti sekarang. Pertama adalah kita harus mulai berpikir apa yang harus kita lakukan untuk menanggapi kondisi dan keadaan yang kita alami. Bersyukur saat ini kita hidup dalam situasi yang memungkinkan kita untuk melakukan semua hal yang kita ingin lakukan. Terutama pada masa Covid saat ini, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi dan keadaan yang kita alami. Kedua adalah Investasi waktu dengan lebih bijak dari orang-orang yang ada disekitar kita. Ketiga dalam mengambil keputusan kita perlu memikirakan dampak dan akibat yang akan terjadi selanjutnya. Keempat menurut Ko Suminto, ketika kita masih muda yang perlu kita lakukan adalah mengejar achievement. Kalau ingin menjadi orang besar maka kita harus mulai dengan berpikir besar.

Kelima, sebagai anak muda kita tidak perlu banyak alasan, orang yang banyak alasan biasanya karena mereka malas. Dalam menutup sharingnya Ko Suminto menyampaikan  kepada kita supaya bisa menjaga lingkungan pergaulan dengan melihat golden circle yang perlu kita miliki. Memilih siapa saja yang ada dalam lingkungan pergaulan kita dan akan menjadi masa depan kita. Selain itu Ko Suminto juga berpesan kepada kita bahwa dalam melakukan pola pikir diatas pasti banyak kendala yang akan kita alami, mungkin kita akan diremehkan, dihina dan dipandang sebelah mata, tidak perlu dipedulikan, tutup mata dan jalani semua. Darimanapun background kita. Kita perlu mindset yang tepat, supaya kita bisa beradaptasi di Era yang sudah tidak ada lagi sekat pembatas seperti saat ini. Terima kasih Ko Suminto atas pengalaman yang dibagikan kepada kami adik-adik kelas di SMA Kr. Petra 3, terus berkarya dan menjadi berkat.  Bangga SMATRAGA !

Semangat Memperingati Hari Pahlawan

Tanggal 10 November adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia terutama bagi warga Surabaya, karena diperingati sebagai hari pahlawan. Pada peringatan hari pahlawan tahun ini, kami osis SMA Kristen Petra 3 ikut merayakannya dengan berbagai kegiatan mulai dari seremonial melalui zoom sampai kegiatan serah terima pengurus osis masa bakti 2020-2021.

Peringatan Hari Pahlawan 1

Kegiatan seremonial kami awali dengan renungan, kemudian setelah itu kami lanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, mendengarkan persembahan lagu nasional dari siswa kelas X dan pembacaan deklamasi oleh Bapak Ibu Guru yang berisi kata-kata mutiara dari para pahlawan nasional seperti Bung Karno dan Bung Tomo. Seremonial ini memberikan kesan yang sungguh berarti bagi kami siswa – siswi SMA Kristen Petra 3 terlebih ketika kami menghayati kata-kata mutiara yang disampaikan oleh Bapak Ibu Guru yang begitu membakar semangat kami untuk dapat berkarya bagi Bangsa dan Negara.

Peringatan Hari Pahlawan 2

Setelah selesai rangkaian seremonial diatas kemudian kami melanjutkan kegiatan dengan serah terima jabatan pengurus osis masa bakti 2020-2021. Kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan dari Ibu Kepala Sekolah, sambutan dari waka kesiswaan, dan penandatanganan SK oleh perwakilan pengurus osis periode 2020-2021. Siswi yang terpilih untuk menjadi ketua osis adalah Vanessa Anwar dari kelas XI IPS 1, sedangkan wakil ketua osis adalah Chellyn dari kelas X IPA. Selamat untuk ketua dan wakil ketua osis yang terpilih. Semoga bisa melaksanakan visi dan misinya dengan baik.

Pelantikan Pengurus Osis 1

Pelantikan Pengurus Osis 2

Demikian rangkaian peringatan hari pahlawan tangal 10 November 2020 di SMA Kristen Petra 3 Surabaya. Semoga jiwa patriotisme dari para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dapat diwariskan kepada kita masing-masing dan dengan peringatakan ini kita bisa semakin menghargai perjuangan para pahlawan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengormati jasa para pahlawannya. Selamat hari Pahlawan.  

SMATRAGA Entrepreneurship Competition 2020

SEC20_01_4.jpgSEC20_02_5.jpgSEC20_03_6.jpgScreenshot_35_2.jpgSEC20_04_1.jpgScreenshot_40_3.jpg

SMA Kristen Petra 3 adalah salah satu sekolah dalam lingkup PPPK Petra yang memiliki excellent point dalam bidang Entrepreneurship. Keunggulan tersebut mendorong SMATRAGA untuk menyelenggarakan lomba SMATRAGA Entrepreneurship Competition yang ke 4 pada tanggal 17 Oktober 2020, dengan mengundang Sekolah Menengah Pertama di Surabaya dan sekitarnya.

Pada tahun ini lomba SMATRAGA Entrepreneurship Competition diikuti sebanyak 37 Tim. Lomba tersebut dilaksanakan secara daring yang terdiri dari dua bagian lomba yaitu Business Plan dan Rally Games. Pada bagian pertama peserta diminta untuk membuat sebuah rencana bisnis tentang pemanfaatan botol bekas menjadi barang kerajinan yang memiliki nilai ekonomi. Banyak peserta yang kreatif, mereka ada yang membuat kotak pensil, dompet, vas bunga dan benda serbaguna lainnya. Kemudian untuk bagian yang kedua para siswa diajak bermain Games secara daring melalui berbagai platform digital dengan pertanyaan seputar Entrepreunership.

Para peserta mengikuti lomba tersebut dengan antusias, semua tim bersaing untuk mendapatkan gelar juara. Setelah mereka mengikuti serangkaian lomba tersebut di atas diperoleh 5 Tim dengan jumlah skor tertinggi masing-masing akan mendapatkan juara 1, 2, 3, harapan 1 serta harapan 2. Juara 1 direbut oleh tim dari SMP Kristen Petra 2, sedangkan kategori juara yang lainnya diperoleh tim dari SMP Kristen Petra 1. Mereka akan membawa pulang piagam, uang pembinaan, dan trophy. Selamat untuk tim yang menjadi juara, semoga keberhasilannya dapat memotivasi tim-tim yang lain supaya berusaha lebih keras lagi.

Syukur kepada Tuhan kegiatan Lomba Smatraga Entrepreneurship Competition bisa terlaksana dengan lancar. Semoga para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapatkan melalui lomba tersebut dalam kehidupan mereka sehari-hari, dan terdorong untuk menjadi entrepreneur-entrepreneur yang tangguh. #banggasmatraga!

boost the values reap the success