| |

Juara Harapan 1 Economics Competition UKSW

Saya mewakili sekolah mengikuti kegiatan Economics Competition yang diselenggarakan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pada bulan Maret 2021 lalu. Dengan bimbingan Bapak Vedro T. Sijabat guru ekonomi, saya mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi tersebut. Saya mempelajari kembali konsep dasar ilmu ekonomi, kemudian saya mempelajari juga ekonomi mikro, ekonomi makro serta transaksi internasional dan akuntansi. Bersyukur Pak Vedro membimbing saya dengan sangat baik, sehingga saya dapat memahami materi yang dipersiapkan untuk lomba tersebut.

image 1

Dalam lomba ini saya melewati 3 babak yaitu penyisihan, semifinal dan final. Pada babak penyisihan saya diminta untuk mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 45 soal dengan waktu 45 menit melalui aplikasi Moodle. Bersyukur di sekolah saya sudah sering menggunakan aplikasi ini, jadi lebih familiar untuk bisa mengerjakannya. Pada babak ini saya berhasil menjadi salah satu peserta dengan nilai terbaik dan masuk ke babak semifnal. Pada babak semifinal saya diminta untuk menjawab pertanyaan uraian pemahaman teori yang dibacakan oleh dewan juri. Penilaian pada babak ini berdasarkan pada ketepatan menjawab, kemampuan menyampaikan jawaban secara sistematis dan penampilan serta sikap pada saat pemaparan. Saya berusaha sebaik mungkin untuk dapat memenuhi kriteria tersebut.  

image 1

Bersyukur pada saat pengumuman saya berhasil masuk ke babak final. Pada babak final semua peserta bertanding dalam debat dengan tema “Pengembangan Ekonomi inklusif di era new normal”. Aspek yang dinilai dalam babak ini meliputi pemanfaatan waktu, kualitas logika, argumen, kualitas bukti, ekspresi dan ketenangan emosi saat menjawab. Semua peserta tampil dengan bagus. Saya sempat ragu dapat meraih juara, tetapi ketika pengumuman disampaikan saya bersyukur karena dapat memperoleh Juara Harapan 1. Terima kasih untuk bimbingan dan dukungan dari Bapak Ibu guru SMA Kristen Petra 3.

Michael Susanto
SMA Kristen Petra 3

Juara 1 Lomba Taekwondo National Action Student 2021

LOMBA TAEKWONDOSaya mengikuti lomba National Action Student yang diselenggarakan pada tanggal 26-28 Februari 2021. Lomba ini dibagi menjadi dua, yaitu Poomsae dan Speedkicking. Saya mengikuti lomba ini dengan tujuan untuk mengetahui serta mengasah kemampuan yang saya miliki serta untuk mendapatkan pengalaman.

Perlombaan ini dilakukan secara online melalui media youtube dikarenakan pandemi Covid-19. Seluruh peserta wajib mengirimkan 1 videonya ke youtube pribadi sebelum tanggal yang ditentukan serta menaati peraturan WT Poomsae Rules dan World Class Competition The World Taekwondo Federation (WT) disana, penilaian dilakukan secara live oleh dewan juri.

Saya mengambil lomba Poomsae, lomba ini di bagi menjadi beberapa bagian berdasarkan kategori Geup mulai dari Geup I sampai dengan Geup VIII. Berdasarkan peserta mulai dari individual, pasangan atau pair. Serta tingkatan usia yang terdiri dari Pre Cadet A (dari usia 6-7 tahun), Pre Cadet B (dari usia 8-9 Tahun), Pre Cadet C (dari usia 10-11 Tahun), Cadet (dari usia 12-14 tahun), Junior (dari usia 15-17 tahun), dan Senior (diatas 17 Tahun).

Sebelum pelaksanaan lomba saya sempat berlatih di Dojang yang bernama “Jaguar”. Sebelum pelaksanaan para pelatih memberikan pembekalan yang lebih intensif. Dan pada waktu itu saya sedang sakit berat dimana saya mengalami sakit kulit, banyak bintik bintik merah yang muncul di tangan sampai seluruh badan saya, yang mengakibatkan saya terbaring lemas dan mengalami gejala seperti mual, pusing, dan diare. Meski saya tidak mengikuti latihan yang diadakan di Dojang saya, saya tetap melatihnya secara mandiri dengan melihat youtube di rumah, meski sedang sakit saya tetap berlatih setelah saya selesai mengikuti kegiatan pembelajaran yang diadakan oleh sekolah saat itu. 

Saya sempat ragu ketika mengikuti lomba ini dan mencoba untuk mengundurkan diri dikarenakan banyaknya tantangan mulai dari sakit, dan juga saya mengikuti ujian-ujian yang diberikan sekolah, sampai dengan tugas-tugas. Tetapi saya tetap melakukan dengan sebaik mungkin.

Pada tanggal 30 Januari, syuting diadakan di Marlupi Dance Surabaya dan saya datang kesana. Saya mulai rekaman pada pukul 08.00 WIB, dengan kondisi yang kurang baik alhasil saya sempat mendapat banyak teguran dari Sanim pada waktu itu. Dan saya kemudian melatihnya dengan Sanim lainnya berkali-kali sampai gerakan saya cukup sempurna. Kemudian saya selesai rekaman pada pukul 16.00 WIB, untuk melatih 1 jenis gerakan saja. Setelah saya selesai rekaman kemudian saya pulang, dan mengupload video rekaman saya ke youtube untuk penilaian lomba. Setelah mengupload kemudian menunggu penilaian yang diadakan dari tanggal 27-28 Februari 2021 secara live oleh 5 juri yang  sudah ditentukan. 

Alhasil didalam penilaian tersebut saya mendapatkan skor 6.97 dimana itu nilai tertinggi dan saya mendapatkan peringkat satu. Dan peringkat dua didapatkan oleh Muhammad Akswar F dengan skor 6.80 dan Muhammad Bayu dengan skor 6.67. Penyerahan mendali, sertifikat Juara diberikan pada tanggal 14 Maret dengan penghargaan yang bertuliskan Juara 1 Poomsae Individual Senior Putra. Syukur kepada Tuhan atas penyertaan-Nya.

Gerry Steven
SMA Kristen Petra 3 Surabaya

SMATRAGA Juara 1 FTRG UWKM 2021

LOMBA FTRG 1

Pada tanggal 20 Maret 2021 kami mengikuti lomba Food Technology Rally Games 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Kami mengetahui  info lomba tersebut melalui akun instagram sekolah yang aktif dalam memberikan info, baik  info kegiatan sekolah maupun info event-event yang diadakan oleh universitas-universitas.

Lomba tersebut diselenggarakan berdekatan dengan ujian kelulusan kelas XII. Walaupun pada saat itu kami berdua ada pada bulan-bulan ujian kelulusan kelas XII, kami tetap ingin aktif berpartisipasi mengikuti lomba. Lomba FTRG 2021 tersebut dilaksanakan dua hari lamanya,  yaitu pada hari sabtu dan minggu. Sebelum mengikuti lomba, kami dituntun dan diberikan  arahan agar acara dapat berjalan dengan lancar.  Pada saat “Technical Meeting” tersebut, kami diberikan informasi mengenai syarat, ketentuan, peraturan, cara mengikuti  lomba, dan materi yang akan diujikan dalam lomba tersebut. Kami diberi kisi-kisi mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan biologi yang harus kami pelajari. Kami juga diberi  materi mengenai teh yang terdiri dari asal-usulnya, cara pembuatan, macam-macam jenis teh,  kandungan teh, dan manfaat teh. Setelah mengikuti TM, kami berdua membagi tugas materi apa saja yang akan kami pelajari, seperti saya mempelajari kisi-kisi yang telah diberikan dan Natalia bertugas membaca dan menghafalkan materi mengenai teh. 

LOMBA FTRG 1

Pada tanggal 20 Maret, kami berdua sudah siap mengikuti lomba tersebut. Awalnya kami nerveous, dan takut kalah. Kami  juga tidak menyangka bahwa lomba tersebut adalah lomba yang sangat mengasyikan dan pada  akhirnya kami merasa sangat nyaman dan senang ketika mengikutinya karena lomba hari pertama adalah Rally Games. Menurut saya, lomba di hari pertama yang sangat mengasyikan adalah lomba di pos beradu cepat mengambil barang. Lomba tersebut menguji kecepatan dan ketepatan peserta, walaupun saya sempat terjatuh ketika mengikuti lomba, saya tetap enjoy. Pada  hari pertama kami dapat mengumpulkan poin sebanyak 1.642.

Pada lomba hari kedua, kami berhasil mendapatkan poin 100. Lomba di hari kedua adalah  lomba menjawab dengan tepat secara bergantian dan mengerjakan Teka Teki Silang. Tim kami termasuk tim yang unggul karena kami aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan maupun yang diperebutkan. Dan Puji Tuhan, tim kami mendapatkan juara pertama dengan total poin 1.742. Padahal awalnya  kami tidak menyangka bahwa kami akan menang. Melalui lomba ini kami memperoleh sebuah pembelajaran bahwa “jangan pernah takut untuk mencoba karena kita belum tahu hasil akhirnya.” Semoga nama Tuhan dipermuliakan.

 

Dewi Sry Usman & Natalia Anggela

SMA Kristen Petra 3 Surabaya

Juara Umum X - Nation Competition 2021

X NATION 2021

Lomba X-Nation tahun 2021 diadakan secara online oleh Universitas Surabaya. Lomba ini dibagi dalam beberapa babak. Pada babak penyisihan kami mengikuti lomba pada cabang Stock Exchange Games. Lomba ini berisi kompetisi trading saham yang disertai dengan studi analisis fundamental saham suatu perusahaan dan juga New Investing Board Games. Pada babak ini kami mempresentasikan tentang perusahaan yang telah kami analisis. Kemudian para juri mengajukan pertanyaan - pertanyaan pada presentasi kami. Setelah lolos, pertandingan dilanjutkan pada babak kedua yaitu tentang investing board games. Pada babak ini setiap kelompok diberikan modal untuk bermain; kelompok dengan return yang paling besar akan memenangkan pertandingan board games ini. Setelah itu kami lanjut ke babak ketiga: bertanding trading saham. Setiap kelompok berkompetisi untuk bisa menghasilkan return terbesar dari modal yang telah diberikan berdasarkan saham yang telah dipilih.

Pada keesokan harinya, kami melanjutkan pertandingan di babak keempat, disini kami bermain rally games. Dalam rally games ini terdapat pos-pos yang di dalamnya berisikan minigames. Setiap tim dibagi dalam breakout room untuk bertanding dengan tim lain. Selanjutnya kami masuk ke babak kelima; semua kategori dari setiap bidang pada perlombaan X-Nation dikumpulkan menjadi satu untuk bertanding pada simulasi bisnis online menggunaka monsoonsim. Dalam pertandingan ini setiap kelompok diberikan modal dan harus dapat mengembangkan modal tersebut. Tim dengan keuntungan bersih tertinggi akan mendapatkan poin maksimal dalam perlombaan ini.

Setelah semua babak dipertandingkan tiba saatnya pengumuman juara 1 dari setiap kategori. Tim kami berhasil mendapatkan juara 1 pada cabang Stock Exchange Games. Kemudian setiap juara 1 dari masing - masing cabang lomba kembali bertanding untuk memperebutkan juara umum dalam pertandingan cerdas cermat. Dalam babak ini kelompok kami berhasil memenangkan perlombaan dan dapat kembali mempertahankan gelar juara umum. Semua ini kami dapatkan karena perjuangan dari setiap anggota tim serta dukungan dari Bapak/Ibu Guru di SMA Kristen Petra 3.

Anderson Winata, Stefanie Budijanto, Jevon Joe Ariel

SMA Kristen Petra 3 Surabaya

Juara 1 Lomba Menulis Artikel HUT ke-70 PPPK Petra

JUARA ARTIKEL

Pada bulan Febuari 2021 lalu, saya sebagai perwakilan SMA Kristen Petra 3 mengikuti lomba artikel yang diadakan oleh PPPK Petra dalam rangka 70th Anniversary of PPPK Petra. Dalam lomba tersebut saya meraih juara pertama. Awalnya saya kesulitan mencari tema artikel karena peraturan mengharuskan tema yang berhubungan dengan Petra dan karya orisinal peserta yang belum pernah dibuat.

Setelah berpikir selama 2 minggu untuk mencari tema dan data, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil tema “Bakti Sosial PPPK Petra”. Tantangan yang saya hadapi saat membuat artikel adalah bagaimana caranya agar artikel yang saya buat dapat bermakna dan bermanfaat bagi pembaca. Oleh karena itu, saya menambahkan opini saya mengenai berbagi melalui bakti sosial dan berbagai cara lain. Selain itu saya menambahkan kutipan ayat Alkitab untuk mengingatkan kita akan pentingnya memberi dan berbagi kepada sesama.

Bagi saya, menulis merupakan salah satu cara untuk belajar akan hal baru karena melalui menulis kita dapat mengembangkan atau memperdalam ide dan wawasan kita. Melalui lomba artikel HUT PPPK Petra, saya juga belajar cara menulis artikel yang dapat diterima dan bermanfaat bagi orang lain. Saya juga belajar bahwa mengikuti lomba itu bermanfaat karena kita dapat mengetahui tolak ukur akan kemampuan kita dalam bidang tertentu.

Kesan saya setelah mengikuti lomba artikel HUT PPPK Petra, saya belajar banyak untuk menjadi lebih baik lagi dalam memaksimalkan potensi yang saya miliki. Saya berterima kasih kepada guru-guru yang mendukung dan memberi saran kepada saya, baik setelah lomba maupun sebelum lomba. Semoga SMA Kristen Petra 3 bisa terus maju dan berkembang menjadi lebih baik lagi. Serta dapat mendidik para siswa menjadi lebih baik dan memaksimalkan potensi yang mereka punya. 

Kent Sugiarto
SMA Kristen Petra 3 Surabaya

boost the values reap the success