SMATRAGA Entrepreneurship Rally Games 2019
SMATRAGA VOICE
| |

SMATRAGA di Bank Indonesia Smart Challenge

BI SMART CHALLENGE

Bank Indonesia kembali mengadakan lomba cerdas cermat dan ranking 1 se Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan dan Gresik dengan tema “Bank Indonesia Smart Challenge”, yang terselenggara pada tanggal 28 September 2019, di gedung KPW Bank Indonesia Jawa Timur, Singosari Hall. SMA Kristen Petra 3 menjadi salah satu peserta lomba tersebut.

Ada sekitar 50 sekolah yang mengikuti lomba, di mana masing – masing sekolah wajib mewakilkan satu tim yang terdiri dari 3 orang untuk mengikuti lomba cerdas cermat, 2 orang untuk ikut lomba ranking 1, dan 5 orang sebagai suporter.

Acara diawali dengan doa, pengarahan, dan pemukulan gong di Hall Singosari. Kemudian tim yang mengikuti cerdas cermat diarahkan ke ruangan lain untuk melakukan tes tertulis, sedangkan peserta lomba ranking 1 tetap di Hall Singosari. Pada seleksi pertama cerdas cermat, kami diberi waktu 60 menit untuk mengerjakan 60 soal pilihan ganda . Materi yang diujikan adalah tentang kebanksentralan, ciri-ciri uang rupiah, akuntansi dasar, bank syariah, dan ekonomi makro. Kami dapat menyelesaikan soal tersebut sebelum waktu berakhir. Namun, kami ragu dengan jawaban kami. Kami bertiga merasa bahwa kami tidak mungkin bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Setelah selesai mengerjakan soal, kami kembali ke Hall Singosari. Sambil menunggu hasil test pertama, kami menerima ceramah mengenai ciri – ciri keaslian rupiah diikuti berbagai games kecil. Saat diumumkan kelompok yang masuk ke babak semifinal, kami kaget karena sekolah kami tertulis di layar. Itu artinya kami masih punya harapan untuk meraih juara. Kami kemudian mengambil nomor undian untuk menentukan giliran. Pada babak ini, 12 tim akan dibagi menjadi 3 kloter. Empat orang tim yang mendapat angka 1 akan bertanding lebih dulu. Poin yang paling tinggi dari masing – masing kloter akan maju ke babak final untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Kebetulan kami mendapat giliran ke-2 sehingga kami masih punya waktu untuk mempersiapkan diri dan mental.

Saat tiba giliran, kami agak gugup dan tegang di atas panggung. Namun berkat penyertaan Tuhan, kami mendapat poin tertinggi untuk tim kloter ke 2. Itu artinya kami masuk final. Pada waktu final, kami berusaha optimal untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Namun lawan-lawan kami lebih cakap dalam menjawab pertanyaan. Kami berhasil membawa pulang piala juara 3.Kami tetap bersyukur pada Tuhan karena apa yang kami capai lebih dari apa yang kami perkirakan sebelumnya. Semua yang kami dapatkan karena berkat penyertaanTuhan. (Gabriella Ismanto/XII IPS 1)

boost the values reap the success