| |

Berprestasi Dari Rumah

Michael Erwin 2

Pada bulan Agustus saya mendapatkan informasi tentang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dari Pak Yohanes, sungguh pada waktu itu saya ragu-rau untuk mengikuti kegiatan tersebut karena ketika saya mengikuti lomba poster 17 Agustus di sekolah tidak mendapatkan peringkat juara, tetapi Pak Yohanes mendorong saya supaya bisa mengikuti kegiatan FLS2N. Dari situ akhirnya saya kembali berpikir, mempertimbangkan dan akhirnya memutuskan untuk ikut kegiatan FLS2N dalam bidang desain poster digital.

Pengalaman kegagalan dalam lomba poster kemerdekaan RI di sekolah membuat saya mengevaluasi kekurangan yang saya miliki, dimana poster yang saya hasilkan tidak saya warnai dengan menarik, sehingga dalam lomba FLS2N saya bertekat untuk memperbaikinya. Berhari-hari saya pikirkan rancangan yang menurut saya bagus. Kemudian saya lakukan percobaan demi percobaan, mulai dari sketsa dan masuk ke percobaan poster pertama. Percobaan ini saya anggap gagal, karena hasilnya tidak seperti yang saya inginkan. Dari situ kemudian saya mulai percobaan yang kedua, progresnya cukup jauh, tetapi masih saya anggap gagal. Saya sudah mulai putus asa waktu itu, tetapi saya tetap bertekad untuk melakukan percobaan yang ketiga, dalam percobaan ini saya mengambil keputusan bahwa apapun hasilnya, itu yang akan saya kirimkan dalam perlombaan tersebut. Saya akhirnya bekerja, tanpa memikirkan hasil apa yang akan saya peroleh nanti. Seiring saya menggambar, saya ikuti saja alurnya, yang penting gambar yang saya hasilkan enak dilihat mata. Dan saya akhirnya, menyelesaikannya. Setelah dua kali gagal percobaan, itu belum termasuk gagal men-sketsa. Saya mengatakan kepada diri saya sendiri bahwa ‘Warna yang ada di poster sudah nyaman untuk dipandang’ setalah itu kemudian saya juga meminta pendapat dari keluarga yang ada dirumah, dan guru di sekolah, mereka semua mengatakan bahwa poster yang saya hasilkan sudah baik, kemudian saya mengupload.

Setelah mengirim hasilnya, saya berdoa kepada Tuhan, didalam doa itu saya menyerahkan keraguan saya kepada Tuhan, ini adalah kali pertama saya mengikuti lomba poster digital dan skalanya langsung provinsi. Beberapa hari berselang setelah saya mengirim karya poster tersebut, saya masih memikirkan tentang hasil yang akan saya peroleh. Pada tanggal 8 September 2020 saya menerima hasil lomba FLS2N, jujur saya tidak menyangka sedikitpun masuk kategori juara, tetapi puji Tuhan saya mendapatkan juara ketiga. Melalui perolehan juara tersebut saya semakin terdorong untuk dapat mengembangkan diri saya dan kemampuan yang Tuhan karuniakan dalam bidang menggambar. Tiap hari saya menggambar setidaknya 5 jam tanpa henti. Bagi saya itu adalah cara yang bisa saya pakai untuk meningkatkan kemampuan yang saya miliki. Syukur kepada Tuhan atas segala karunia yang diberikan dalam kegiatan lomba tersebut.

 

Michael Erwin S.
SMA Kristen Petra 3 Surabaya

boost the values reap the success