| |

Global Business Mathematics Olympiad

GBMO

Pada hari Sabtu, tanggal 12 September 2020 saya mengikuri lomba Global Business Mathematics Olympiad yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Global Business Mathematics Olympiad (GBMO) adalah kompetisi olympiade matematika terapan bisnis atau applied Business-Mathematics yang diadakan secara full online system.

Applied Business-Mathematics sendiri adalah ilmu matematika terapan yang penerapannya secara nyata digunakan dalam dunia bisnis untuk menunjang akurasi analisa data, logika, simulasi, research dan prediksi (forecast) untuk pengambilan keputusan dan kebijakan perusahaan.

Ilmu Matematika terapan bisnis dipandang sebagai sesuatu yang baru di Indonesia, Namun GBMO merancang secara khusus soal-soal perlombaan untuk membuka cakrawala baru tentang ilmu matematika, merangsang daya analisa, memicu pengertian yang mendalam dan menstimulus otak agar segera dapat mempelajari Ilmu Matematika Terapan secara cepat dan menantang.

Dalam kompetisi tersebut saya harus mengikuti beberapa bagian lomba diantaranya adalah Math Logic : dimana mengasah logika matematika yang mirip dengan test IQ; Math Analytic : Penerapan matematika dalam sehari-hari terutama dalam bidang bisnis, contoh perhitungan untung-rugi, modal usaha, jual-beli, menghitung peluang; serta International Mathematics Economy: seperti kurs mata uang , export-import, dan istilah-istilah ekonomi pada umumnya.

Pada saat perlombaan saya harus mengerjakan 25 soal dengan waktu 90 menit. Dimana soal-soal di dalam perlombaan ini terbagi kedalam 5 bagian sebagai berikut : Concept Test, Business Math Logic Test, Business Analysis Test, Business Decisions Test kemudian Corporate Analysis & Business Decision Making.

Perlombaan ini dilaksanakan dan diselesaikan dalam waktu 1 hari. Setelah itu para peserta menunggu hasil perlombaan dari panitia. Pengumuman pemenang disampaikan pada 26 September 2020, pukul 19.15 WIB melalui website yang telah disediakan. Dan saat hari pengumuman saya mendapatkan Silver Award pada Senior Category dan diberikan sertifikat dan medali.

Saya bersyukur kepada Tuhan atas perhargaan yang telah saya peroleh, semua ini karena berkat dan kemurahan dari Tuhan. Dan juga berterima kasih kepada sekolah dan para guru yang telah membimbing saya. Ke depannya saya berharap dapat semakin maju dan berkembang dalam mengikuti lomba-lomba yang ada. Kiranya nama Tuhan dipermuliakan.

Jevon Joe Ariel
SMA Kr. Petra 3 Surabaya

boost the values reap the success