| |

Trunojoyo Accounting Challenge 2020

Pada bulan November 2020 saya mengikuti lomba Trunojoyo Accounting Challenge (TAC). TAC merupakan olimpiade akuntansi tingkat SMA/MA/se-derajat dan SMK/se-derajat se- Jawa Timur. Lomba ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi Universitas Trunojoyo Madura. Pada tahun ini lomba TAC diselenggarakan dengan tema  “Improve Your Skills To Be A Golden Generation Of Great Accountant”. Lomba ini terdiri dari 3 babak yang harus dihadapi yaitu Preliminary selection, Elimination selection, dan Final selection. Pada babak Preliminary Selection para peserta mengerjakan 80 soal yang terdiri dari 65 soal pilihan ganda, 10 soal true or false, dan 5 soal uraian dengan menggunakan aplikasi Schoology, kemudian dipilih 30 peserta untuk masuk ke babak eliminasi.

image_005.jpgimage_001.jpg

Pada babak eliminasi para peserta dibagi menjadi 2 klaster yaitu klaster 1 dan klaster 2. Pada babak ini peserta akan diberikan lembar jawaban kerja sebelum babak dimulai dan soal baru akan dibagikan saat babak dimulai. Pada klaster 1 peserta diberikan waktu selama 60 menit untuk mengerjakan Penjurnalan, Buku Besar, dan Neraca Saldo.  Setelah itu akan diberikan waktu selama 15 menit untuk mengumpulkan lembar jawaban kerja. Dan perlombaan langsung berlanjut ke klaster 2. Pada klaster 2 ini peserta diberikan waktu 30 menit untuk mengerjakan Jurnal Penyesuaian, Neraca Lajur, dan menyusun Laporan Keuangan (Laporan Laba/Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Laporan Posisi Keuangan). Sama dengan klaster 1 peserta juga diberikan waktu 15 menit untuk mengumpulkan lembar jawaban kerja.

Setelah babak eliminasi akan dipilih 3 peserta yang akan lolos ke babak Final. Dan karena berkat Tuhan saya berhasil masuk ke babak Final. Pada babak Final ini peserta akan melakukan presentasi melalui aplikasi Zoom. Jadi pada babak ini ada 3 mystery box dan masing-masing peserta akan memilih 1 mystery box.

Setelah memilih mystery box peserta akan diberikan 1 soal dan diberikan waktu 30 detik untuk menjawabnya. Lalu jawaban pada soal tersebut akan menjadi topik yang harus dipresentasikan oleh peserta. Peserta diberikan waktu selama 10 menit untuk mengumpulkan  materi yang akan dipresentasikan. Setelah itu peserta akan diberikan waktu 5 menit untuk melakukan presentasi dan 10 menit untuk sesi tanya jawab.

Pada akhirnya saya dapat memenangkan perlombaan Trunojoyo Accounting Challenge 2020 dengan meraih juara 2. Semua ini karena penyertaan Tuhan dan persiapan-persiapan yang telah saya lakukan. Dan juga terima kasih kepada sekolah dan guru-guru yang telah mendukung saya selama ini.

Jevon Joe Ariel
SMA Kr. Petra 3 Surabaya

 

boost the values reap the success