| |

SMATRAGA Juara Lomba Accounting Competition of Asia

ACA_1.jpegACA_4.jpgACA_5.jpgACA_2.jpegACA_3.jpeg

Pada tanggal 23 Januari 2021, kami mengikuti Lomba Accounting Competition of Asia (ACA) antar SMA/MA & SMK Sederajat Tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewadahi minat dan bakat akademik siswa-siswi SMA/SMK Se-Jawa Timur dalam bidang akuntansi. Lomba ini dikemas dengan tema “Build Your Accounting Skills For Better Generation of Accountant”. Kompetisi ini memperebutkan piala bergilir Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, piala bergilir IAI, piala bergilir Penerbit Andi serta piala tetap juara 1 Accounting Competition of Asia Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang.

Perlombaan akuntansi yang diadakan secara online melalui zoom meeting ini terdiri dari 3 babak yaitu diantaranya, babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Pada babak penyisihan kami harus mengerjakan 100 soal akuntansi dalam waktu 120 menit. Setelah itu kami diseleksi menjadi 50 tim dengan perolehan nilai tertinggi, yang akan dipertandingkan pada babak berikutnya, bersyukur tim kami berhasil melewati babak penyisihan ini dengan baik.

 Pada babak kedua, kami diberikan 50 soal akuntansi yang harus diselesaikan dalam waktu 120 menit. Dengan persiapan yang telah kami lakukan, kami dapat mengerjakan soal-soal yang diberikan dengan baik dan mengumpulkan soal tersebut tepat waktu. Pada saat pengumuman, kami berhasil lolos ke babak final dengan menempati urutan ke 3 dari 8 tim yang lolos ke babak final. Sungguh ini merupakan berkat kasih karunia Tuhan. Setelah mengetahui bahwa tim kami lolos ke babak final, kami mempersiapkan diri lagi untuk menghadapi babak final yang akan diadakan seminggu kemudian.

Pada hari Sabtu, 30 Januari 2021, Babak Final Accounting Competition of Asia yang diikuti 8 tim finalis untuk jenjang SMA/MA Sederajat Tingkat Jawa Timur resmi dipertandingkan. Dalam babak ini kami diminta untuk mengerjakan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa mulai dari jurnal umum hingga necara saldo setelah penutupan. Pada babak ini setiap tim diberikan waktu selama 180 menit untuk menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa tersebut. Karena kami telah melakukan persiapan dengan matang, akhirnya kami berhasil menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Akhirnya di penghujung acara, di saat pengumuman juara untuk lomba Accounting Competition of Asia (ACA) kali ini, tim kami berhasil meraih Juara 1 dengan skor tertinggi. Semua ini berkat penyertaan Tuhan dan juga dukungan dari Bapak/Ibu guru kami. Bangga Smatraga.

Michael Susanto  dan Jevon Joe Ariel
SMA Kristen Petra 3 Surabaya

boost the values reap the success