| |

Juara Umum X - Nation Competition 2021

X NATION 2021

Lomba X-Nation tahun 2021 diadakan secara online oleh Universitas Surabaya. Lomba ini dibagi dalam beberapa babak. Pada babak penyisihan kami mengikuti lomba pada cabang Stock Exchange Games. Lomba ini berisi kompetisi trading saham yang disertai dengan studi analisis fundamental saham suatu perusahaan dan juga New Investing Board Games. Pada babak ini kami mempresentasikan tentang perusahaan yang telah kami analisis. Kemudian para juri mengajukan pertanyaan - pertanyaan pada presentasi kami. Setelah lolos, pertandingan dilanjutkan pada babak kedua yaitu tentang investing board games. Pada babak ini setiap kelompok diberikan modal untuk bermain; kelompok dengan return yang paling besar akan memenangkan pertandingan board games ini. Setelah itu kami lanjut ke babak ketiga: bertanding trading saham. Setiap kelompok berkompetisi untuk bisa menghasilkan return terbesar dari modal yang telah diberikan berdasarkan saham yang telah dipilih.

Pada keesokan harinya, kami melanjutkan pertandingan di babak keempat, disini kami bermain rally games. Dalam rally games ini terdapat pos-pos yang di dalamnya berisikan minigames. Setiap tim dibagi dalam breakout room untuk bertanding dengan tim lain. Selanjutnya kami masuk ke babak kelima; semua kategori dari setiap bidang pada perlombaan X-Nation dikumpulkan menjadi satu untuk bertanding pada simulasi bisnis online menggunaka monsoonsim. Dalam pertandingan ini setiap kelompok diberikan modal dan harus dapat mengembangkan modal tersebut. Tim dengan keuntungan bersih tertinggi akan mendapatkan poin maksimal dalam perlombaan ini.

Setelah semua babak dipertandingkan tiba saatnya pengumuman juara 1 dari setiap kategori. Tim kami berhasil mendapatkan juara 1 pada cabang Stock Exchange Games. Kemudian setiap juara 1 dari masing - masing cabang lomba kembali bertanding untuk memperebutkan juara umum dalam pertandingan cerdas cermat. Dalam babak ini kelompok kami berhasil memenangkan perlombaan dan dapat kembali mempertahankan gelar juara umum. Semua ini kami dapatkan karena perjuangan dari setiap anggota tim serta dukungan dari Bapak/Ibu Guru di SMA Kristen Petra 3.

Anderson Winata, Stefanie Budijanto, Jevon Joe Ariel

SMA Kristen Petra 3 Surabaya

boost the values reap the success