| |

Juara Harapan 1 Economics Competition UKSW

Saya mewakili sekolah mengikuti kegiatan Economics Competition yang diselenggarakan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pada bulan Maret 2021 lalu. Dengan bimbingan Bapak Vedro T. Sijabat guru ekonomi, saya mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi tersebut. Saya mempelajari kembali konsep dasar ilmu ekonomi, kemudian saya mempelajari juga ekonomi mikro, ekonomi makro serta transaksi internasional dan akuntansi. Bersyukur Pak Vedro membimbing saya dengan sangat baik, sehingga saya dapat memahami materi yang dipersiapkan untuk lomba tersebut.

image 1

Dalam lomba ini saya melewati 3 babak yaitu penyisihan, semifinal dan final. Pada babak penyisihan saya diminta untuk mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 45 soal dengan waktu 45 menit melalui aplikasi Moodle. Bersyukur di sekolah saya sudah sering menggunakan aplikasi ini, jadi lebih familiar untuk bisa mengerjakannya. Pada babak ini saya berhasil menjadi salah satu peserta dengan nilai terbaik dan masuk ke babak semifnal. Pada babak semifinal saya diminta untuk menjawab pertanyaan uraian pemahaman teori yang dibacakan oleh dewan juri. Penilaian pada babak ini berdasarkan pada ketepatan menjawab, kemampuan menyampaikan jawaban secara sistematis dan penampilan serta sikap pada saat pemaparan. Saya berusaha sebaik mungkin untuk dapat memenuhi kriteria tersebut.  

image 1

Bersyukur pada saat pengumuman saya berhasil masuk ke babak final. Pada babak final semua peserta bertanding dalam debat dengan tema “Pengembangan Ekonomi inklusif di era new normal”. Aspek yang dinilai dalam babak ini meliputi pemanfaatan waktu, kualitas logika, argumen, kualitas bukti, ekspresi dan ketenangan emosi saat menjawab. Semua peserta tampil dengan bagus. Saya sempat ragu dapat meraih juara, tetapi ketika pengumuman disampaikan saya bersyukur karena dapat memperoleh Juara Harapan 1. Terima kasih untuk bimbingan dan dukungan dari Bapak Ibu guru SMA Kristen Petra 3.

Michael Susanto
SMA Kristen Petra 3

boost the values reap the success