| |

We Did It !!! …

Olimpiade Ekonomi  18th Universitas Airlangga 2021 merupakan program kerja tahunan HIMA EP Universitas Airlangga ( UNAIR ) sebagai ajang kompetisi di bidang ekonomi antar siswa SMA seluruh Indonesia dan memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Jawa Timur.

Kegiatan ini merupakan ajang bagi siswa SMA dan sederajat untuk menguji kompetensinya, baik pengetahuan yang didapat di bangku sekolah maupun pengetahuan umum yang mereka dapat dari luar sekolah. Kegiatan ini juga akan memberikan gambaran mengenai jurusan ekonomi pembangunan dengan memberikan soal-soal yang menyangkut tentang mata kuliah yang terdapat di jurusan ekonomi pembangunan, yang tentu saja disesuaikan dengan pengetahuan sosial yang didapat di bangku sekolah.

WhatsApp Image 2021 10 26 at 10.52.22

Pada tahun yang ke delapan belas ini, HIMA EP Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga mengusung tema “Creative Economy as The Revival during Pandemic Era for Sustainable Development

Mengikuti kompetisi ini sudah menjadi impian kami sejak lama. Dengan antusias kami mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah disusun oleh panitia. Adapun babak pertama adalah babak penyisihan yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 September 2021 pukul 08.30 WIB  dan dilakukan secara online serentak se-Indonesia. Pada babak ini peserta akan diberi soal berbentuk multiple choice sejumlah 100 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit (2 jam) yang ditujukan untuk menyeleksi peserta yang akan masuk ke babak semi final. Tim yang lolos dalam babak penyisihan dan lanjut ke babak semi final adalah tim dengan peringkat 1-25 terbaik Olimpiade Ekonomi online se-Indonesia, dan kami bisa menyelesaikannya dengan baik.

Babak semi final dari kegiatan Olimpiade Ekonomi 18th dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 6 Oktober 2021 pukul 08.20 dan dilakukan secara online. Sebanyak 25 tim terpilih akan mengikuti babak semifinal yang terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut:

Multiple Choice: Setiap tim mendapat 25 soal multiple choice dengan waktu pengerjaan 25 menit

Fill The Blank: Setiap tim mengerjakan soal uraian singkat berupa fill the blank sejumlah 25 soal dengan durasi waktu 50 menit.

Economic Smart: Pada tahap ini masing-masing tim mendapat 5 buah soal uraian yang dijawab dengan tulisan tangan dengan waktu pengerjaan soal 50 menit dan 10 menit untuk proses scan dan upload berkas jawaban ke website. Tim yang lolos di tahap ini adalah tim yang berhasil masuk ke dalam peringkat 1 – 8 terbaik dan tim kami adalah salah satu dari 8 tim terbaik yang lolos ke babak final.

Babak final diadakan pada hari Kamis tanggal 7 Oktober 2021 dan dilakukan secara online melalui Aplikasi Zoom Meeting pada pukul 08.30 WIB. Di mana ke 8 Tim tersebut akan menjalani tahapan selanjutnya berupa " Solve The Gear ", yang mana setiap tim mengerjakan 9 soal dengan tingkat kesulitan mudah, sedang, dan sulit (dipilih secara random oleh masing-masing tim) dengan alokasi waktu 5 detik/soal. Tahapan ini adalah tahapan yang paling menegangkan karena harus diulang berkali-kali karena hasilnya selalu seri, tapi akhirnya kami berhasil dan lolos ke babak grand final (Peringkat 1 - 4 terbaik).

Babak grand final dari kegiatan Olimpiade Ekonomi 18th dilaksanakan pada hari yang sama, setelah istirahat sejenak, pada pukul 12.30 WIB. Ke 4 Tim yang lolos ini akan menjalani sesi berikutnya yaitu Economic Debates dengan menggunakan Asian Parliamentary system.

Pada sesi debat ini, mosi diberikan 2 jam sebelum sesi debat dimulai. Kami melakukan case building dari mosi yang diberikan. Debat akan dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi debat semifinal dan grand final. Pada sesi debat semifinal, peserta akan dibagi menjadi 2 bracket di mana pemenang dari setiap bracket akan memperebutkan juara 1 dan 2 sedangkan yang kalah dari setiap bracket akan memperebutkan juara 3 dan 4.

Pada sesi debat semifinal, kami keluar sebagai pemenang debat dari bracket A dan akan berhadapan dengan pemenang debat dari bracket B di debat grand final.

Kemudian dilanjutkan dengan debat grand final sampai pukul 16.30 dan para peserta diminta untuk istirahat.

Pengumuman Pemenang Olimpiade Ekonomi 18th Universitas Airlangga dilaksanakan saat Acara Awarding Night pada pukul 19.00 karena harus menunggu penilaian dan keputusan dari dewan juri

Akhirnya semua jerih payah kami terbayarkan ketika panitia penyelenggara mengumumkan Michael Susanto dan Jevon Joe Ariel dari SMA Kristen Petra 3 Surabaya keluar sebagai Juara 1 Olimpiade Ekonomi 18th  Universitas Airlangga dan meraih Piala Bergilir Gubernur Jawa Timur.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Guru SMA Kristen Petra 3 Surabaya yang telah mendukung dan membimbing kami selama ini.

(Michael Susanto & Jevon Joe Ariel)

boost the values reap the success