| |

Wiraraja Accounting Festival (WAF) 2021

Wiraraja Accounting Festival (WAF) 2021 merupakan olimpiade akuntansi tingkat SMA/SMK se-derajat se-Jawa & Bali. Olimpiade ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Wiraraja Madura. Kompetisi ini diadakan secara full online system melalui aplikasi zoom.

WhatsApp Image 2021 10 26 at 10.57.15

Lomba ini diadakan dalam 4 babak yaitu babak eliminasi, babak penyisihan, babak semi final, dan babak final. Pada babak eliminasi para peserta diberikan waktu 60 menit untuk mengerjakan 50 soal pilihan ganda pada google form dengan pengawasan melalui zoom. Dari total 68 peserta tingkat SMA diambil 27 peserta untuk lanjut ke babak selanjutnya dan untuk 3 peserta dengan nilai tertinggi dapat langsung lolos ke babak semi final.

Dari hasil yang diumumkan saya berhasil mendapatkan urutan kedua, sehingga saya langsung melanjutkan perlombaan ke babak semi final. Babak semi final ini diikuti sebanyak 15 peserta yang telah lolos dari babak sebelumnya. Pada babak semi final ini setiap perserta diberikan waktu selama 120 menit untuk mengerjaan siklus akuntansi dagang secara penuh. Pada babak ini saya berhasil menyelesaikan siklus akuntansi dagang dengan baik dan benar. 

Dari lima belas semi finalis diambil 5 peserta untuk kembali bertanding di babak final. Pada babak final ini terdapat 2 sesi yang harus diikuti peserta. Sesi yang pertama yaitu peserta akan dihadapkan pada 20 soal pilihan ganda yang ditampilkan pada zoom. Setiap soal pilihan ganda diberikan waktu sebanyak 60 detik, jadi total waktu yang diberikan adalah 20 menit. Setelah itu, pada sesi kedua peserta akan diberikan waktu 5 menit untuk melakukan pemecahan masalah secara face to face dengan juri.

Pada babak final ini, saya diberikan 5 soal yang ditanyakan secara lisan. Sayangnya dari 5 soal tersebut saya hanya berhasil menjawab 4 soal dengan benar. Pada saat pengumuman juara, saya berhasil meraih juara 2 dari lomba WAF 2021 di tingkat SMA. Semua ini berkat penyertaan Tuhan dan persiapan-persiapan yang telah saya lakukan selama ini. Saya juga berterima kasih kepada SMA Kristen Petra 3 dan guru-guru yang telah membimbing dan mendukung saya selama ini. Terima Kasih. Tuhan Yesus Memberkati.

(Jevon Joe Ariel/XII IPS-1)

boost the values reap the success